Saat ini masih belum ada desain resmi materi kampanye dari KPU Jatim

Reporter : Daus VIS

radiovisfm.com, Banyuwangi – Panwaslu Banyuwangi masih memberikan toleransi kepada tim pemenangan pasangan calon terkait pemasangan alat peraga kampanye, setelah sebelumnya dilakukan penertiban terhadap alat peraga kampanye liar.

Toleransi yang diberikan Panwaslu mempertimbangkan dua hal, karena hingga saat ini masih belum menerima material alat peraga kampanye dan belum ada desain resmi gambar pasangan calon dari kpu propinsi, serta belum adanya kesepakatan tentang titik pemasangan alat peraga kampanye yang dilarang atau diperbolehkan.

Ketua panitia pengawas pemilu kabupaten  Banyuwangi, Hasyim Wahid menuturkan, sebelumnya panwas telah melakukan penertiban sejumlah alat peraga kampanye liar milik dua pasangan calon. Karena pengadaan alat peraga kampanye difasilitasi oleh pemerintah melalui KPU, sehingga calon dilarang membuat dan memasang alat peraga kampanye sendiri.

Sebelumnya panwas mendapat rekomendasi dari KPU tentang penertiban alat peraga kampanye liar. Namun penertiban yang dilakukan panwas bersama satpol PP itu menuai protes dari tim pemenangan pasangan calon, lantaran hingga masa kampanye tiba, alat peraga kampanye yang disediakan oleh KPU belum juga didapat oleh tim paslon. Sehingga paslon membuat dan memasang alat peraga kampanye sendiri.

Menyikapi hal tersebut, hingga saat ini panwas masih memberikan toleransi terkait maraknya alat peraga kampanye paslon yang masih terpasang hingga menunggu selesainya alat peraga kampanye dari KPU Jatim.

Pertimbangan Panwaslu lanjut Hasyim, karena hingga saat ini masih belum ada desain resmi materi kampanye dari KPU jatim, dan paslon belum terima material alat peraga kampanye. disisi lain, masih belum ada kesepakatan dari kedua tim pemenangan pasangan calon dan pemerintah daerah tentang titik titik lokasi pemasangan alat peraga kampanye tersebut.

Mantan jurnalis televisi ini menambahkan, jika material alat peraga kampanye paslon sudah diterima tim pemenangan pasangan calon dan sudah terpasang, maka panwas aka  menertibkan alat peraga kampanye lain milik pasangan calon yang bukan berasal dari KPU Jatim.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *