KPI perlu menggandeng lembaga pendidikan seperti Untag

Reporter : Daus VIS

radiovisfm.com, Banyuwangi – Untuk memaksimalkan tugas dan fungsinya dalam melakukan pengawasan lembaga penyiaran, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menjaliin kerjasama dengan Untag Banyuwangi, guna mengawasi program siaran dari lembaga penyiaran baik televisi atau radio yang ada di Banyuwangi.

Pemandatangan MOU antara KPI pusat dengan Untag Banyuwangi tersebut, dilakukan oleh kordinator bidang penyiaran pada KPI pusat dengan rektor Untag Banyuwangi Andang Subahriyanto pada pada Kamis siang (1/3) dalam acara seminar nasional yang digelar di aula Untag jalan Adi Sucipto Banyuwangi.

Hardly Stefano menuturkan, masyarakat sangat membutuhkan informasi yang baik dan mendidik dari lembaga penyiaran seperti televisi atau radio. Sedangkan fungsi KPI adalah melakukan pengawasan terhadap lembaga penyiaran agar selalu memberikan informasi yang bermutu dan dibutuhkan masyarakat melalui program siaran dari lembaga penyiaran. Karena media juga bisa menjadi saluran informasi yg konstruktif, yang bukan hanya menyajikan informasi cepat, tapi akurat dan bisa mengedukasi masyarakat.

Untuk mewujudkan fungsi pengawasan yang baik terhadap lembaga penyiaran tersebut, KPI perlu menggandeng lembaga pendidikan seperti Untag ini untuk membantu KPI melakukan tugas dan fungsi pengawasn lembaga penyiaran tersebut.

Kerjasama yang dilakukan ini lanjut Hardly, bukan menjadikan mahasiswa Untag sebagai petugas KPI, namun dari kerjasama yang dilakukan, mahasiswa Untag Banyuwangi bisa menjadi mitra KPI dalam mengawasi lembaga penyiaran di Banyuwangi, yang nantinya mereka bisa mengakses langsung kepada KPI jika menemukan adanya pelanggaran program siaran yang dilakukan oleh media elektronik di Banyuwangi, baik radio maupun televisi.

Sementara itu, rektor Untag Banyuwangi Andang Subahriyanto menuturkan, kerjasama dengan Komisi Penyiaran Indonesia ini, merupakan wujud dari Tri Darma perguruan tinggi berupa pemgabdian masyarakat. Sehingga kedepan, mahasiswa bisa berperan serta mengawasi program siaran dari lembaga penyiaran yang dampaknya juga membantu mengedukasi masyarakat dalam mendapatkan informasi yang akurat dan berimbang dari media elektronik di Banyuwangi.

Kerjasa sama dengan KPI yang dilaksanakan melalui seminar nasional bertema keterbukaan informasi publik melalui media penyiaran untuk mendukung terwujudnya Good Governance ini, dilakukan oleh mahasiswa dari fakultas ilmu sosial dan ilmu politik atau FISIP. Melalui kerjasama denga KPI pusat ini, diharapkan mahasiswa untag khususnya fakultas FISIP dapat membantu memperkuat transparansi informasi dan proses demokrastisasi masyarakat secara umum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *