Reporter          : Ilex Vis

radiovisfm.com, Banyuwangi – Berpura pura ikut sholat, seorang warga Kecamatan Wongsorejo Banyuwangi mencuri tas milik anggota kepolisian saat sedang menjalankan ibadah sholat di masjid di kawasan Kecamatan Kabat.

Tersangka yang tergolong nekat tersebut diketahui bernama Ahmad Afandi (40) warga Dusun Posumur RT 16 RW 16 Desa Bengkak Kecamatan Wongsorejo. Sementara, peristiwa ini terjadi di dalam masjid di Dusun Mantren Desa Kabat Kecamatan Kabat Banyuwangi.

Awalnya, korban Anggatra Yudha (21), seorang aparat kepolisian warga Perumahan LPK II Blok B2 nomor 01 RT 03 RW 06 Desa Padanlandung Kecamatan Wakir Kabupaten Malang, melaksanakan ibadah sholat di TKP pada Minggu sore (4/3).

Saat itu, korban melaksanakan sholat bersama temannya sesama anggota Polri, Fajar Arung Nugroho (33) warga gang Sungai II Desa gunungsulah Kecamatan Waihalim, Bandar Lampung.

Keduanya berpangkat Bripda dan saat ini bertempat tinggal di asrama siswa penerbang Bandara Banyuwangi Kecamatan Rogojampi karena di sekolahkan penerbang oleh dinas dengan biaya negara selama 8 bulan.

Kapolsek Kabat Banyuwangi, AKP Supriyadi mengatakan, sebelum terjadi pencurian tersebut, korban bersama temannya sholat dan menaruh tas miliknya pada posisi sekitar 3 meter dari tempat dia sholat.

“Selang beberapa menit setelah sholat, korban sudah tidak melihat lagi tas miliknya. Selanjutnya, dia bergegas keluar masjid dan melihat tersangka membawa tas miliknya,” papar Kapolsek.

Kapolsek menjelaskan, korban pun mendorong sepeda motor milik tersangka hingga terjatuh. Lalu tersangka lari dan di kejar oleh puluhan warga yang kebetulan ada di sekitar masjid, hingga berhasil tertangkap.

“Tersangkapun di serahkan oleh warga kepada sejumlah aparat kepolisian polsek kabat yang mendatangi TKP,” tutur Kapolsek.

“Modus operandi yang di lakukan tersangka adalah dengan berpura pura ikut sholat, kemudian mengambil tas korban,” imbuh Kapolsek.

Kepada petugas, tersangka mengaku baru dua kali melakukan aksi yang sama, setelah sebelumnya melakukan di kawasan Kecamatan Wongsorejo.

Sebagai barang bukti, di amankan tas hitam milik korban yang didalamnya berisi 1 unit ponsel dan uang tunai sebesar Rp 200.000. Serta 1 unit sepeda motor happy bernopol P 5737 WE milik tersangka.

Kini, tersangka harus meringkuk di dalam sel tahanan mapolsek Kabat Banyuwangi. Dan atas semua perbuatannya, tersangka di jerat pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *