radiovisfm.com, Banyuwangi – Bupati Abdullah Azwar Anas melantik 4 pejabat pimpinan tinggi pratama di jajaran Pemkab Banyuwangi, yang sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) selama bertahun tahun.

Ke empat pejabat tersebut adalah Moh.Yanuar Bramuda di lantik sebagai Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) dan Alief Rahman Kartiono sebagai Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskop-UM). Juga Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Nafiul Huda dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Edi Supriyono.

Pengambilan sumpah dan pelantikan ini di laksanakan di ruang rapat Rempeg Jogopati Kantor Pemkab Banyuwangi, Senin (12/3).

Bupati Anas mengatakan, pelantikan empat pejabat ini dinilai sudah melalui assesmen yang melibatkan Badan Kepegawaian Negara.

“Selain itu, para pejabat ini juga sudah teruji kinerjanya dan telah dinilai public,” ungkap Bupati Anas.

Dia menjelaskan, mereka sudah bertahun tahun menjadi Plt, seperti MY Bramuda yang sudah 6 tahun menjabat Plt Kadisbudpar. Juga Alief Rahman Kartiono yang sudah 5 tahun menjabat Plt Kadiskop-UM, sehingga mereka dinilai sudah mengetahui apa yang harus dikerjakan dan tidak harus belajar dari awal.

“Ini merupakan salah satu strategi kami untuk menguji keandalan para pejabat,” ungkap Bupati Anas.

Kepada ke 4 pejabat tersebut, Bupati Anas menginstruksikan untuk sering turun ke lapangan mendengar masukan dari berbagai pihak. Bahkan, Bupati Anas mematok separuh dari waktu kerjanya dihabiskan untuk memantau langsung ke berbagai lokasi di sektor lingkupnya.

“Misalnya, dijadwalkan setiap jam 11 setelah pelayanan publik selesai, bisa langsung turun. Kalau ada undangan yang sifatnya tidak sangat penting, saya minta untuk tidak usah didatangi dan cukup diwakilkan pada Kabid ataupun Kasinya,” kata Bupati Anas.

Bupati Anas mengaku, hal ini dinilai penting dilakukan agar kepala dinas bisa langsung mengindentifikasi dan mengeksekusi dengan cepat berbagai permasalahan yang muncul, karena kepala dinasnya bisa segera mengambil keputusan.

“Saya harap, setelah dilantik sebagai kepala dinas definitif, empat kepala dinas ini semakin kreatif menciptakan inovasi serta sinergi dan koordinasi bersama seluruh stafnya semakin baik. Sehingga inovasi dan akselerasinya juga semakin bagus,” papar Bupati Anas.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, MY Bramuda mengatakan, dirinya sudah 6 tahun berjalan menjabat sebagai Plt dan ini di anggapnya sebagai cara baru bagi Pemerintah Daerah yang benar benar mengharapkan dan memilih orang yang tidak salah untuk di jadikan kepala dinas.

“Dengan di angkatnya saya sebagai Kepala Dinas defintif ini merupakan raport terakhir dari pimpinan yang berhasil dirinya lalui untuk memenuhi berbagai kriteria yang ditetapkan oleh Bupati Anas,” ungkap Bramuda.

Bahkan Bramuda juga mengatakan, selama ini dirinya sudah 90 persen turun ke lapangan untuk mendengar keluhan dan menyaring aspirasi para pelaku usaha perhotelan maupun pelaku usaha.

“Sehingga dengan adanya permintaan Bupati Anas yang mengharapkan separuh waktu dari kepala dinas untuk turun ke lapangan, saya sudah melaksanakannya sejak lama,” pungkas Bramuda.

Dan ini di anggapnya sebagai tantangan untuk bekerja lebih baik lagi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *