Syamsul menghimbau masyarakat yang merasa belum terdaftar sebagai pemilih pemilu, bisa menghubungi perangkat desa

Reporter : Daus VIS

radiovisfm.com, Banyuwangi – KPU terus memaksimalkan jumlah pemilih dalam pilgub jatim dengan menyasar pemilih pemula saat proses perbaikan daftar pemilih yang tengah dilakukannya.

Ketua KPU Banyuwangi Syamsul Arifin menuturkan, saat ini jajaran KPU baik PPK, PPS maupun petugas pemutakhiran data pemilih tengah melakukan proses perbaikan daftar pemilih yang dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih atau PPDP yang ada di tingkat RT dan RW di masing masing desa dan kelurahan. tahapan pemutakhiran data pemilih hasil perbaikan tersebut dilakukan mulai tanggal 10 hingga tanggal 16 Maret.

Dalam proses pemutakhiran data pemilih hasil perbaikan tersebut, KPU lebih fokus untuk mendata pemilih pemula yang baru genap berusia 17 tahun pada bulanĀ  juni mendatang. karena pemilih pemula yang umumnya terdiri dari kalangan pelajar SMA tersebut, merupakan masyarakat yang baru bisa menggunakan hak pilihnya dalam menentukan calon gubernur dan calon wakil gubernur dalam pilgub jatim mendatang.

Oleh karena itu, Syamsul menghimbau kepada masyarakat yang merasa belum terdaftar sebagai pemilih pemilu, bisa menghubungi perangkat desa setempat atau petugas PPDP yang jumlahnya tersebar di seluruh desa dan kelurahan di banyuwangi, yang jumlahnya menyesuaikan dengan jumlah TPS di Banyuwangi.

Setelah DPS hasil perbaikan tuntas, KPU Banyuwangi akan melakukan penetapan tanggal 16 Maret mendatang. Hasil penetapannya berupa daftar pemilih sementara, yang sela jutnya juga dilakukan perbaikan. Syamsul Arifin menambahkan, upaya KPU dalam memaksimalkan pendataan pemilih pemula tersebut diharapkan bisa meningkatkan angka partisipasi pemilih dalam pilgub Jatim mendatang.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *