Home / Banyuwangi Hari Ini / Banyuwangi Pasang 100 CCTV Di Tempat Wisata

Banyuwangi Pasang 100 CCTV Di Tempat Wisata

radiovisfm.com, Banyuwangi – Ditahun 2018, Pemkab Banyuwangi akan memasang 100 kamera CCTV di sejumlah destinasi wisata yang terus banyak di kunjungi wisatawan.

Sementara di tahun 2017 lalu, tercatat sudah 68 unit kamera CCTV terpasang di berbagai destinasi wisata, seperti di pantai Grand Watu Dodol, Pantai Boom dan Pantai Mustika.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, Moh.Yanuar Bramuda mengatakan, ditahun ini rencananya di pasang 32 unit CCTV tambahan di kawasan wisata Pantai Pulau Merah dan wisata air terjun Jagir juga di area Pantai Boom.

“Untuk di area Kawah Ijen masih belum bisa di lakukan karena terkendala Tekhnologi,” ujar Bramuda.

“Pemerintah daerah segera menggandeng pihak swasta untuk bisa membuka jaringan telekomunikasi di area paltuding, utamanya di puncak Kawah Ijen,” imbuhnya.

Bramuda menjelaskan, meskipun masih belum bisa terpasang kamera CCTV, namun BMKG telah memiliki peralatan khusus untuk memantau perkembangan kondisi cuaca di puncak Kawah Ijen dan sekitarnya, sehingga bisa di manfaatkan oleh wisatawan yang akan melakukan pendakian sebagai panduan.

“Keberadaan kamera CCTV ini sangat bermanfaat untuk memantau situasi sekitar tempat wisata, baik kondisi cuaca, kebersihan area setempat maupun gerak gerik setiap orang yang datang,” ungkap Bramuda.

Pasalnya, kunci yang sangat penting pada kemajuan daerah Banyuwangi harus di imbangi dengan keamanan dan kenyamanan, salah satunya pemasangan CCTV tersebut yang dinilainya bisa memberikan kenyamanan pada masyarakat yang datang ke Banyuwangi.

Sementara itu, beberapa waktu yang lalu ada seorang pengunjung di wisata Pantai GWD marah marah karena mengaku kehilangan helm.

“Namun setelah di pantau melalui kamera CCTV, ternyata dia datang sengaja tidak membawa helm,” tutur Bramuda.

Untuk di pantai GWD ini sendiri terpasang 24 unit CCTV yang tersebar di beberapa titik, seperti di kawasan pantai, rumah makan dan lahan parkir. Sehingga menurut Bramuda, untuk satu lokasi wisata akan terpasang lebih dari 1 unit kamera CCTV.

“Terkait dengan pemasangan kamera CCTV sudah di rancang di Musrenbang tahun lalu, dan di tahun 2018 ini telah di realisasikan di pasang di berbagai tempat wisata dan pelayanan public maupun tempat keramaian,” pungkas Kepala Dinas yang telah di lantik definitive setelah menjadi Plt selama 6 tahun tersebut.

 

 

About Ilex VIS

Ilex VIS, salah satu jurnalis Radio VIS FM dan Penyiar. Anda bisa mendengarkan suara khasnya dalam program radio informasi, seperti Bingkai Pagi dan Inti VIS FM.

Check Also

Dana Desa Meningkat, Menteri Desa : Gunakan Untuk Berdayakan Ekonomi Masyarakat

radiovisfm.com, Banyuwangi – Pemerintah Pusat meminta setiap desa menggunakan dana desanya untuk memberdayakan ekonomi dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *