Home / Banyuwangi Hari Ini / Hari Raya Nyepi, Jalur Ketapang-Gilimanuk Ditutup 30 Jam

Hari Raya Nyepi, Jalur Ketapang-Gilimanuk Ditutup 30 Jam

radiovisfm.com, Banyuwangi – Pada peringatan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940, jalur penyeberangan Ketapang-Gilimanuk ditutup selama 30 jam lebih.

Untuk pemberangkatan kapal terakhir dari arah Pelabuhan Ketapang Banyuwangi pada Jum’at malam (16/3) sekira pukul 23.00 WIB. Sedangkan dari arah Pelabuhan Gilimanuk bali keberangkatan terakhir pada Sabtu pagi (17/3) pukul 05.00 WITA.

Sehingga selama perayaan Hari Raya Nyepi yang berlangsung pada Sabtu (17/3), tidak ada aktifitas penyeberangan di lintas Ketapang – Gilimanuk. Seluruh armada kapal tidak di operasikan dan di parkir di masing masing dermaga di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Ketapang-Gilimanuk, Elvi Yoza mengatakan, lintas penyeberangan Jawa-Bali ini akan di buka kembali dengan pengoperasian armada kapal dari arah Pelabuhan Ketapang pada Minggu pagi (18/3) sekira pukul 05.30 WIB, sedangkan dari arah Pelabuhan Gilimanuk bali menyesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Untuk menampung kendaraan bermotor yang melakukan antrian sekaligus untuk mengantisipasi terjadi kemacetan di sepanjang jalan, ASDP bersama kepolisian, TNI dan seluruh stake pelabuhan menyiapkan 3 kantong parkir.

“Yakni di area Terminal Bus Sritanjung, stasiun kereta api Banyuwangi Baru dan di lahan milik ASDP di kawasan Kelurahan Bulusan tepatnya selatan dermaga LCM,” ungkap Elvi.

Sementara itu, untuk mengurai antrian panjang kendaraan bermotor di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi maupun di Pelabuhan Gilimanuk Bali saat perayaan Hari Raya Nyepi, PT ASDP mengoperasikan 32 unit armada kapal.

“Pada masa liburan Hari Raya Nyepi kali ini di prediksi volume penumpang kapal akan mengalami peningkatan antara 5 hingga 10 persen di banding hari biasa,” tutur Elvi.

ASDP memprediksikan, titik puncak penumpang kapal dari arah Pelabuhan Gilimanuk terjadi pada tanggal 15 dan 16 Maret 2018.

“Sedangkan dari arah pelabuhan Ketapang Banyuwangi di prediksi terjadi pada arus balik, Minggu (18/3),” papar Elvi.

PT ASDP juga melakukan penambahan loket baik di Pelabuhan Ketapang maupun Pelabuhan Gilimanuk Bali.

“Untuk loket kendaraan roda 4 sebanyak 4 loket, Kendaraan roda 2 sebanyak 2 loket yang sebelumnya 1 loket dan untuk penumpang pejalan kaki sebanyak 2 loket yang sebelumnya juga 1 loket,” pungkas Elvi.

About Ilex VIS

Ilex VIS, salah satu jurnalis Radio VIS FM dan Penyiar. Anda bisa mendengarkan suara khasnya dalam program radio informasi, seperti Bingkai Pagi dan Inti VIS FM.

Check Also

Dana Desa Meningkat, Menteri Desa : Gunakan Untuk Berdayakan Ekonomi Masyarakat

radiovisfm.com, Banyuwangi – Pemerintah Pusat meminta setiap desa menggunakan dana desanya untuk memberdayakan ekonomi dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *