radiovisfm.com, Banyuwangi – Diwilayah Kecamatan Rogojampi Banyuwangi terjadi rumah rusak cukup parah milik warga setempat, setelah tertimpa pohon bambu akibat di guyur hujan deras. Tepatnya di kawasan Dusun Lugonto RT 02 RW 03 Desa Rogojampi, yakni rumah milik Hariyono (50).

Sementara posisi rumah korban tersebut berada di area pinggir sungai lungun, yang disekelilingnya di tumbuhi puluhan batang pohon bambu.

Saat hujan deras mengguyur kawasan setempat pada Selasa malam (13/3) selama lebih dari 1 jam, tiba tiba tanah di sekitar sungai longsor di sertai robohnya pohon bambu tersebut yang menimpa rumah korban, hingga mengalami kerusakan cukup parah pada gentengnya.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi, Eka Muharram mengatakan, sejumlah anggota tim TRC BPBD Banyuwangi langsung menuju ke lokasi setelah mendapat laporan dari anggota Pos Sadar Bencana.

“Dengan di bantu warga dan aparat desa setempat, tim TRC melakukan pemotongan batang batang bambu yang roboh tersebut untuk di evakuasi ke tempat yang aman,” ungkap Eka.

Selanjutnya, mereka bergotong royong memperbaiki beberapa bagian rumah korban yang rusak, utamanya pada gentengnya serta mengganti kayu yang juga di temukan rusak.

Eka menjelaskan, kerusakan rumah Hariyono tersebut di nilai tidak terlalu parah sehingga pembenahannya hanya melalui swadaya masyarakat setempat.

“BPBD tetap memberikan bantuan kebutuhan dasar berupa sembako kepada korban, yang di harapkan bisa membantu menopang kehidupannya sehari hari selama rumahnya di perbaiki,” pungkas Eka.

Berdasarkan prakiraan BMKB, hujan ringan dan hujan deras diprediksi masih terjadi di berbagai wilayah Banyuwangi hingga akhir Maret 2018 mendatang, sehingga di butuhkan kewaspadaan dari masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *