Reporter          : Ilex Vis

radiovisfm.com, Banyuwangi – Dua Warga Negara Asing (WNA) bersama seorang warga Jember dan dua warga Banyuwangi di tangkap kepolisian, saat sedang pesta narkotika jenis sabu.

Kedua WNA tersebut adalah Christopher Alan (31) dan kekasihnya, Michelle Justine (30) yang merupakan kewarganegaraan Amerika. Sementara ketiga tersangka lainnya, Sunariyo alias Jack (40) warga Dusun Mulyo Asri RT 01 RW 02 Desa Sumber Mulyo Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi dan Hendrix Artrino Nugroho (36) warga Dusun Genitri RT 01 RW 01 Desa Gendoh Kecamatan Sempu Banyuwangi. Serta Nanang Kosim (35) warga Dusun Jogaran RT 14 RW 04 Desa Gumelar Kecamatan Balung, Jember.

Ceritanya, Nanang Kosim yang merupakan Tour Guide (pemandu wisata) menjemput kedua warga negara Amerika tersebut di Jakarta melakukan penerbangan ke Bandara Banyuwangi, karena mereka hendak berwisata di Banyuwangi. Selanjutnya, mereka naik taxi menuju ke rumah Hendrix Artrino Nugroho yang juga merupakan sesama Tour Guide, untuk meminta di hantarkan ke Jesse”s Place Hotel di area wisata Pantai Pulau Merah Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi.

Disini, tersangka Nanang meminta kepada tersangka Hendrix untuk mencarikan narkotika jenis sabu pesanan tamunya tersebut. Hendrix pun menghubungi temannya, Sunariyo alias Jack yang juga di kenal sebagai pengedar narkoba.

Setelah terjadi kesepakatan di antara mereka, keempat orang itupun menuju ke rumah tersangka Sunariyo untuk melakukan pesta sabu.

Kapolres Banyuwangi, AKBP Donny Adityawarman dalam keterangan persnya, Senin (16/4) mengatakan, kepolisian mendapat laporan dari masyarakat mengenai adanya pesta sabu di rumah tersangka Sunariyo tersebut.

“Saat di gerebek di rumah Sunariyo, ternyata kepolisian tidak menemukan mereka dan berdasarkan informasi tetangannya, Sunariyo bersama ke empat tersangka itu berada di rumahnya yang lain,” papar Kapolres.

Dia menjelaskan, saat di lakukan penggerebekan, mereka sedang asyik pesta sabu dengan diamankan barang bukti 2 paket narkotika jenis sabu seberat 0,53 gram beserta 3 buah korek gas, 1 buah bong lengkap dengan pipet kaca yang masih terdapat sisa narkotika jenis sabu, 1 buah sedotan terdapat sisa sabu, 3 unit ponsel dan 1 unit sepeda motor honda beat hitam bernopol P 3866 UY.

“Lalu mereka di gelandang ke Mapolres Banyuwangi guna dilakukan penahanan dan pengembangan penyidikan,” tutur Kapolres.

Sementara itu, Kasat Narkoba, AKP Muh.Indra Najib menambahkan, keberadaan kedua Warga Negara Asing di Banyuwangi tersebut hanya untuk berwisata.

“Dari hasil tes urinenya, mereka positif mengkonsumsi sabu,” ujar Kasat Narkoba.

“Tersangka Sunariyo sendiri, merupakan Target Operasi (TO) kepolisian sejak lama,” imbuhnya.

Dan atas semua perbuatannya, mereka di jerat pasal 114 subsider pasal 112 subsider pasal 127 UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun penjara.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *