Reporter          : Ilex Vis

radiovisfm.com, Banyuwangi – Ratusan unit sepeda motor tidak standar di amankan Satuan Lalu Lintas Polres Banyuwangi dari sejumlah lokasi, yang di sinyalir sering di gunakan sebagai tempat ajang balap liar oleh anak anak muda.

Diantaranya di wilayah Kecamatan Banyuwangi kota, Kecamatan Genteng, Gambiran, Muncar, Rogojampi dan Kecamatan Kalibaru. Total barang bukti yang di amankan kepolisian sebanyak 150 unit sepeda motor.

Kasat Lantas Polres Banyuwangi, AKP Ris Andrian Yudho Nugroho melalui KBO Lantas, Iptu Dalyono mengatakan, razia ini merupakan kegiatan yang serentak dilaksanakan seluruh jajaran Lalu Lintas dalam operasi patuh semeru 2018, dengan sasaran para pengguna jalan raya yang tidak tertib lalu lintas baik kendaraan roda 2 maupun roda 4.

“Misalnya, kendaraan sepeda motor yang tidak standart maupun kendaraan roda 4 yang mengangkut barang melebihi kapasitas yang ada,” tutur Iptu Dalyono.

Dia menjelaskan, dari kegiatan ini diharapkan bisa menurunkan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Banyuwangi dengan adanya kondisi kendaraan yang standart maupun mentaati peraturan lalu lintas.

Setelah di razia, ratusan unit sepeda motor tidak berstandart tersebut diamankan di Mapolres Banyuwangi. Dan bagi pemilik yang akan mengambil kendaraannya, di haruskan mengganti dan memasang seluruh peralatannya yang standart dengan di awasi aparat kepolisian.

“Kepolisian memberikan surat tilang kepada mereka dengan di amankan STNK nya,” kata Iptu Dalyono.

Demikian hal nya dengan para pengendara yang melanggar lalu lintas, seperti tidak memakai helm maupun tidak menyalakan lampu di siang hari. Dan STNK mereka bisa di ambil, setelah mengikuti sidang di Pengadilan Negeri Banyuwangi sekaligus membayar dendanya.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah agar para pengguna kendaraan bermotor di lakukan pembinaan,” kata Dalyono.

Sementara itu, Senin (30/4) suasana di Mapolres Banyuwangi tampak ramai oleh puluhan pemuda yang memiliki sepeda motor tidak standart tersebut. Mereka memasang satu persatu bagian bagian kendaraan yang sudah di modifikasi dengan yang asli buatan pabrik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *