Reporter          : Ilex Vis

radiovisfm.com, Banyuwangi – Bersama pihak swasta, Pemkab Banyuwangi menyiapkan moda transportasi mobil wisata yang di dalamnya di lengkapi dengan berbagai fasilitas untuk kenyamanan para wisatawan.

Ada 2 jenis mobil yang disiapkan bagi wisatawan, yakni jenis Elf dan Grand Max masing masing sebanyak 5 unit. Di dalam mobil tersebut dilengkapi kursi dan meja layaknya ruang tamu, lemari es, AC, Televisi, tempat cuci tangan serta kompor gas. Bahkan kursi dan meja tersebut bisa di sulap menjadi tempat tidur dengan dipindahkan pada beberapa bagiannya. Satu unit mobil bisa menampung untuk keluarga kecil, yakni bapak, ibu dan 2 orang anak.

Lukman Yani, perwakilan group PT Persada Timur yang memfasilitasi keberadaan mobil wisata tersebut mengatakan, ini merupakan gabungan antara moda transportasi dengan penginapan, yang bisa di gunakan untuk menjangkau ke berbagai daerah terpencil di Banyuwangi yang akomodasinya dinilai masih kurang.

“Seperti ke Pantai Pulau Merah, Pantai Rajegwesi ataupun ke Alas Purwo,” ujarnya.

“Dengan memanfaatkan mobil wisata ini menurut Lukman, wisatawan tidak perlu harus bersusah payah menginap di hotel,” tutur Lukman.

Dalam artian, mobil ini akan berhenti di tempat wisata yang diinginkan oleh wisatawan dan sekaligus mereka bisa menginap di dalam mobil tersebut.

Lukman mengaku, untuk harga sewa mobil wisata tersebut berkisar antara Rp 1.500.000 sampai Rp 2.500.000 permalam tergantung jenis mobilnya.

“Kami sengaja memilih Banyuwangi untuk pengoperasian mobil itu karena daerahnya memiliki potensi pariwisata yang cukup bagus,” ungkap Lukman.

Sementara selama ini, wisatawan yang akan ke tempat wisata harus menginap di hotel yang jaraknya cukup jauh dan membutuhkan waktu 1 hingga 2 jam untuk menuju ke tempat wisata yang lain.

“Untuk pemesan mobil wisata ini bisa melalui nomor hotline pemasaran yang telah di siapkan pihaknya,” pungkas Lukman.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, MY Bramuda menyambut baik keberadaan mobil wisata tersebut yang dinilai bisa membantu pemerintah daerah di dalam memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan yang datang ke Banyuwangi.

“Sarana prasarana ini juga sebagai cara baru menarik wisatawan untuk datang ke Banyuwangi,” ujar Bramuda.

Mobil wisata itu merupakan segmen mobil yang di dalamnya bisa menjamu para tamu VVIP untuk mengelilingi obyek wisata. Hal ini menurut Bramuda, berbeda dengan paket paket wisata yang sudah ada.

“Paket ini menyajikan orang tidak perlu tidur di hotel saat sudah berada di area wisata yang diinginkan, sehingga lebih praktis dan ekonomis,” kata Bramuda.

Bramuda mengaku, dengan mobil wisata ini masyarakat bisa terus mengeksplor wisata Banyuwangi tanpa harus kehilangan waktu untuk tidur dihotel.

“Pemilik mobil tersebut adalah warga Banyuwangi asli yang sukses di daerah lain dan saat ini berupaya memajukan daerahnya dengan membuat layanan baru pariwisata,” papar Bramuda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *