Home / Banyuwangi Hari Ini / Bulog : Stok Beras Di Banyuwangi Aman Selama Ramadhan

Bulog : Stok Beras Di Banyuwangi Aman Selama Ramadhan

Reporter          : Ilex Vis

radiovisfm.com, Banyuwangi – Memasuki bulan Ramadhan, stok beras di Gudang Bulog Banyuwangi mencapai 31.000 ton bisa untuk mencukupi kebutuhan masyarakat hingga 6 bulan ke depan. Puluhan ribu ton beras tersebut merupakan jenis medium dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) pemerintah sebesar Rp 9.450 per kilogram.

Namun dari pantauan dilapangan, justru para pedagang menjual dibawah HET yakni berkisar antara Rp 8.700 sampai Rp 8.800 perkilogram.

Kepala Bulog Sub Divre Banyuwangi, David Susanto mengatakan, dari stok yang ada tersebut juga untuk mempersiapkan Operasi Pasar (OP). Sementara untuk harga beras jenis Premium sesuai HET pemerintah sebesar Rp 12.800 per kilogram, sedangkan di pasaran masih ada pedagang yang menjualnya Rp 11.500 per kilogram di bawah HET.

“Stok beras premium di gudang Bulog Banyuwangi masih mencapai 1.200 ton,” ungkap David.

Dia meyakini, untuk persediaan beras di Banyuwangi selama bulan Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri dinilai masih aman.

“Bulog Banyuwangi juga mensuplay beras sejumlah daerah seperti ke Madura, Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT) sampai ke Maluku, Sulawesi dan Gorontalo karena stok beras yang ada surplus,” papar David.

David mengaku, pihaknya sudah mengecek ke sawah sawah petani di berbagai kecamatan dan saat ini masih dalam proses panen. Sementara, di pedagang kecil maupun pedagang besar stok beras juga masih melimpah.

“Stok beras di berbagai penggilingan padi juga masih banyak,” imbuhnya.

David menambahkan, selain beras, di gudang Bulog Wonosobo juga tersedia stok Gula sebanyak 1000 ton di tambah di pabrik gula Glenmore Banyuwangi sebanyak 3000 ton. Juga stok Minyak Goreng sebanyak 5000 liter dan tepung sebanyak 10 ton.

“Untuk menjaga kestabilan harga, Bulog Banyuwangi telah menggelar operasi pasar di sejumlah titik sejak 1 bulan lalu,” pungkas David.

Sementara itu, untuk memastikan stok beras di Banyuwangi, sejumlah pihak terkait yang tergabung dalam tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) melakukan pemantauan di gudang Bulog GBB Lemahbang Kulon Kecamatan Rogojampi Banyuwangi. Yakni dari Bulog Subdivre Banyuwangi, Dinas Pertanian, Bagian Perekonomian Setda Banyuwangi dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) serta pengusaha Elpiji dan BBM.

 

 

 

About Ilex VIS

Ilex VIS, salah satu jurnalis Radio VIS FM dan Penyiar. Anda bisa mendengarkan suara khasnya dalam program radio informasi, seperti Bingkai Pagi dan Inti VIS FM.

Check Also

Dana Desa Meningkat, Menteri Desa : Gunakan Untuk Berdayakan Ekonomi Masyarakat

radiovisfm.com, Banyuwangi – Pemerintah Pusat meminta setiap desa menggunakan dana desanya untuk memberdayakan ekonomi dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *