Home / Banyuwangi Hari Ini / Penumpang Mendengar Suara Ledakan Didalam KMP Labitra Adinda

Penumpang Mendengar Suara Ledakan Didalam KMP Labitra Adinda

Reporter          : Ilex Vis

radiovisfm.com, Banyuwangi – Sebelum terbakar, para penumpang sempat mendengar adanya suara ledakan di dalam kapal KMP Labitra Adinda.

Sepetri yang di ungkapkan oleh Ahmad Jazuli (52). Warga Kelurahan Boyolangu Kecamatan Giri Banyuwangi tersebut berangkat dari Denpasar Bali hendak pulang kampung, dengan menumpang mobil Toyota Sigra bernopol DK 1736 DT bersama istrinya, Eli dan 2 orang kerabatnya.

Jazuli menceritakan, saat di kapal dirinya sengaja istirahat di dalam mobilnya hingga tertidur. Sedangkan 3 penumpang lainnya naik ke atas di ruang khusus penumpang untuk menikmati perjalanan laut.

“Saat saya tertidur lelap, saya mendengar suara ledakan cukup keras dari arah belakang kapal lalu tiba tiba muncul api dengan kobaran yang tidak terlalu besar,” ujar Jazuli penuh semangat.

Jazuli pun kebingungan hingga dia keluar dari dalam mobilnya dan naik ke atas anjungan kapal dengan memanjat bagian atas truck yang terparkir di samping mobilnya. Bersamaan dengan itu, api semakin membesar karena tertiup angin yang cukup kencang di perairan selat bali.

“Saya berusaha mencari istri dan kedua kerabatnya ke atas anjungan,” kata laki laki yang bekerja sebagai driver transportasi online di Denpasar Bali tersebut.

Dan setelah mereka bertemu, kru kapal pun mengevakuasi para penumpang kapal untuk di pindahkan ke kapal KMP Karya Maritim II lalu di bawa ke daratan. Selanjutnya, para kru kapal di evakuasi dengan menggunakan perahu karet milik Basarnas dan Satpol Air Banyuwangi.

Di dalam kapal tersebut terdapat 18 orang penumpang dan 12 orang kru kapal. Sedangkan kendaraan bermotor tercatat ada 13 unit, yakni 5 unit kendaraan Truck Berat, 1 unit Kendaraan Kecil, 5 unit Knedaraan Truck Ringan dan 2 unit Sepeda Motor.

“Saya lega bisa terselamatkan bersama para penumpang lainnya,” ungkap Jazuli.

Namun mobilnya masih berada di dalam kapal dan diakui belum jelas perkembangan kondisinya karena masih di lakukan upaya pemadaman.

Uniknya, setelah berhasil di evakuasi ke kapal KMP Karya Maritim II, Jazuli sempat membuat video yang menggambarkan suasana para penumpang sekaligus kobaran api yang semakin membakar bagian atas kapal KMP Labitra Adinda.

Kapal KMP Labitra Adinda milik perusahaan pelayaran PT Karya Maritim Indonesia tersebut berangkat dari Pelabuhan Gilimanuk Bali Kamis siang (17/5) sekira pukul 14.00 WITA dengan membawa 18 orang penumpang serta 12 orang kru kapal beserta 13 unit kendaraan bermotor berbagai jenis.

Kapal itu terbakar saat hendak bersandar di dermaga LCM Pelabuhan Ketapang berjarak kurang lebih 200 meter dari pinggir pantai.

 

 

 

 

 

 

About Ilex VIS

Ilex VIS, salah satu jurnalis Radio VIS FM dan Penyiar. Anda bisa mendengarkan suara khasnya dalam program radio informasi, seperti Bingkai Pagi dan Inti VIS FM.

Check Also

Dana Desa Meningkat, Menteri Desa : Gunakan Untuk Berdayakan Ekonomi Masyarakat

radiovisfm.com, Banyuwangi – Pemerintah Pusat meminta setiap desa menggunakan dana desanya untuk memberdayakan ekonomi dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *