Home / Banyuwangi Hari Ini / Mudik Gratis, PT KAI Siapkan 3.710 Tiket

Mudik Gratis, PT KAI Siapkan 3.710 Tiket

Reporter          : Ilex Vis

radiovisfm.com, Banyuwangi – PT KAI DAOP 9 Jember menyiapkan 3.710 tiket untuk masyarakat yang akan pulang kampung, dalam program mudik dan balik lebaran 2018 secara gratis dengan moda transportasi kereta api.

Angka ini mengalami peningkatan di banding tahun 2017 lalu, yang tercatat sebanyak 3.000 tiket di siapkan oleh pihak PT KAI khusus perjalanan dari Banyuwangi dengan tujuan Surabaya dan Malang.

Manager Humas PT KAI DAOP 9 Jember, Luqman Arif mengatakan, program ini merupakan kerja sama antara Pemerintah Propinsi Jawa Timur dengan PT Kereta Api Indonesia khusus di wilayah DAOP 9 jember, yang meliputi dari Stasiun Banyuwangi sampai Pasuruan.

Angkutan kereta api gratis yang di operasikan dalam program ini terdiri dari KA Probowangi relasi Banyuwangi – Surabaya Gubeng untuk perjalanan antara tanggal 17 sampai 20 Juni 2018. Serta KA Tawangalun relasi Banyuwangi – Malang untuk perjalanan antara tanggal 17 sampai 19 Juni 2018.

“Untuk angkutan Kereta Api gratis tahun 2018 dari DAOP 9 jember ini di siapkan total 3.710 tiket yang bisa di manfaatkan oleh masyarakat untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan menggunakan moda transportasi Kereta Api secara gratis,” papar Luqman.

Dan dari ke 3.710 tiket tersebut terdiri dari 2.120 tiket untuk Kereta Api Probowangi dan 1.590 tiket untuk Kereta Api Tawangalun.

“Untuk KA Probowangi dan KA Tawangalun total kapasitas angkutnya sebanyak 530 penumpang dengan rangkaiannya terdiri dari 5 kereta kelas ekonomi, 1 kereta makan dan 1 kereta pembangkit,” ujar Luqman.

Sementara itu, pada masa angkutan lebaran 2018 ini, PT KAI juga menambah rangkaian kereta api Mutiara Timur baik siang maupun malam kelas Eksekutif dan Bisnis relasi Banyuwangi – Surabaya dengan kapasitas 106 tempat duduk.

“Tapi di masa angkutan lebaran tahun ini, tempat duduk yang di siapkan pada seluruh kereta api yang di operasikan di wilayah DAOP 9 Jember sebanyak 7.494 untuk di hari normal ditambah 212 tempat duduk, sehingga total ada 7.706 tempat duduk,” papar Luqman.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan tiket untuk angkutan mudik dan balik gratis dengan menggunakan moda transportasi Kereta Api, bisa memesan di stasiun online terdekat dengan syarat, pemesanan bisa di lakukan mulai tanggal 18 April 2018, pemesan wajib menyertakan foto copy KTP atau Kartu Keluarga atau Kartu Tanda Mahasiswa atau Kartu Pelajar dan satu pemesanan maksimal 4 tiket.

Sementara, untuk tiket yang sudah terlanjur di pesan tidak bisa dibatalkan atau ditunda atau dialihkan kepada orang lain. Dan pemesanan tiket hanya bisa dilayani di loket stasiun stasiun, yang di lewati oleh perjalanan Kereta Api mudik dan balik gratis tersebut.

 

About Ilex VIS

Ilex VIS, salah satu jurnalis Radio VIS FM dan Penyiar. Anda bisa mendengarkan suara khasnya dalam program radio informasi, seperti Bingkai Pagi dan Inti VIS FM.

Check Also

Dana Desa Meningkat, Menteri Desa : Gunakan Untuk Berdayakan Ekonomi Masyarakat

radiovisfm.com, Banyuwangi – Pemerintah Pusat meminta setiap desa menggunakan dana desanya untuk memberdayakan ekonomi dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *