Reporter          : Ilex Vis

radiovisfm.com, Banyuwangi – Untuk mendukung angkutan lebaran 2018, PT ASDP mengoperasikan kapal berukuran besar atau Kapal Sapu Jagad di lintas penyeberangan Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk.

Pengoperasian kapal tersebut adalah untuk mengantisipasi kepadatan penumpang pada arus mudik lebaran yang puncaknya di prediksi akan terjadi pada H-2 dan H-3, yakni pada Selasa dan Rabu (12-13/6). Selain itu, juga untuk mengurai antrian panjang kendaraan bermotor yang di prediksi juga akan meningkat pada saat masa arus balik lebaran.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Ketapang-Gilimanuk, Elvi Yoza mengatakan, dalam angkutan lebaran tahun ini, ASDP mendapat bantuan 1 armada tambahan dengan ukuran besar, yaitu Kapal Motor Penumpang (KMP) Drajat Paciran untuk membantu 56 armada yang sudah disiapkan untuk melayani para pengguna jasa penyeberangan.

“Saat ini kapal itu masih di uji coba sandar terlebih duhulu,” ujar Elvi.

“Kapal besar itu adalah milik Dirjen Perhubungan Darat yang akan di operasikan saat terjadi krodit di Pelabuhan Ketapang maupun di Pelabuhan Gilimanuk Bali,” ungkapnya.

KMP Drajat Paciran merupakan kapal yang biasa beroperasi di lintas penyeberangan Pelabuhan Paciran Lamongan – Pelabuhan Bahaur, Kalimantan Selatan, dengan kapasitas 350 penumpang dan 75 kendaraan, yang diharapkan bisa mempercepat dan mengurangi antrian yang terjadi dipelabuhan Ketapang maupun di Pelabuhan Gilimanuk.

Di informasikan, untuk melayani para pengguna jasa penyeberangan di lintas Ketapang-Gilimanuk pada masa angkutan lebaran 2018 ini, PT ASDP menyiapkan 56 unit armada kapal, namun yang di operasikan setiap harinya sebanyak 32 unit.

Selain itu, ASDP juga menambah jumlah loket pelayanan. Untuk di pelabuhan gilimanuk bali, loket kendaraan roda 2 sebanyak 7 unit yang sebelum nya 2 unit, loket kendaraan roda 4 tetap yakni 4  unit dan pejalan kaki meningkat dari 1 unit menjadi 2 unit. Sedangkan di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi juga sama, namun untuk loket kendaraan roda 2 hanya 5 unit.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *