Reporter          : Ilex Vis

radiovisfm.com, Banyuwangi – Satreskrim Polres Banyuwangi menangkap pelaku penjualan satwa langka yang di lindungi, melalui media social facebook.

Kasus ini terungkap dari hasil penyelidikan Undercover Group Tertutup Forum Jual Beli Hewan Banyuwangi lewat media social Facebook, yang selanjutnya di lakukan pemantauan terhadap akun Facebook Fabian.Fazza@yahoo.com. Disini, kepolisian menemukan adanya transaksi penjualan hewan yang di lindungi berupa ular Python Molurus (Sanca Bodo).

Kasat Reskrim Polres Banyuwangi, AKP Panji Prathista Wijaya mengatakan, dari hasil penyelidikan tersebut selanjutnya kepolisian melakukan penangkapan terhadap seorang laki laki yang diketahui bernama Adha Fabia (27) di kawasan jalan Raya Srono Desa Kebaman Kecamatan Srono Banyuwangi pada saat transaksi penjualan Python Molurus.

“Di TKP kepolisian menemukan sebuah kardus yang di dalamnya berisi hewan dilindungi tersebut serta uang senilai Rp 200.000 dari hasil transaksi penjualan,” ujar Kasat Reskrim.

Dari hasil intrograsi kepolisian, laki laki yang merupakan warga Kecamatan Gambiran Banyuwangi tersebut mengaku mendapatkan hewan itu dari Group Forum Jual Beli sekira 3 tahun lalu yang berasal dari daerah Sumatra, dengan transaksi jual beli seharga Rp 100.000 ditambah ongkos kirim.

“Saat itu, panjang ular 1 meter selanjutnya di rawat tersangka selama 2 tahun sehingga panjangnya mencapai 2 meter,” tutur AKP Panji Prathista Wijaya.

Kemudian, tersangka memposting kembali di Group Tertutup Forum Jual Beli Banyuwangi hingga terjadi transaksi penjualan tersebut.

Kasat Reskrim menambahkan, kini tersangka beserta barang bukti uang tunai Rp 200.000, 1 unit ponsel, 1 kardus dan 1 ekor ular Python Molurus sepanjang 2 meter dengan berat 3 kg di amankan kepolisian. Dan atas semua perbuatannya, tersangka di jerat pasal 40 ayat 2 UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang KSDAE, dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara dan denda maksimal Rp 100.000.000.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *