Reporter          : Ilex Vis

radiovisfm.com, Banyuwangi – Untuk mengantisipasi terjadinya kriminalitas laut selama masa angkutan lebaran 2018, Satpolair Banyuwangi memperketat pengawasan di Perairan Selat Bali dengan menggunakan armada kapal bantuan dari Polda Jawa Timur dan Mabes Polri.

Khusus di tahun ini, Satpolair Banyuwangi mendapat bantuan armada dari Mabes Polri dengan kapal jenis B1 berukuran cukup besar. Sehingga bisa mengantisipasi adanya kecelakaan laut jika terjadi gelombang tinggi. Pasalnya, prakiraan dari BMKG, cuaca buruk akan masih terjadi di perairan selat bali hingga Agustus 2018 mendatang.

Sementara kapal dari Polda Jawa Timur sendiri jenis C-3, berukuran lebih kecil dibanding milik Mabes Polri tersebut.

Kasat Polair Banyuwangi, AKP Subandi mengatakan, dalam patroli pengamanan perairan selat bali ini, pihaknya juga menurunkan 1 unit kapal dengan jenis yang sama seperti milik Polda Jawa timur. Ditambah Basarnas yang mengoperasikan 1 unit perahu karet berkapasitas 15 orang.

“Pengawasan ini di lakukan dengan menyisir di sepanjang perairan selat bali, utamanya di perlintasan Ketapang-Gilimanuk,” ujar Kasat Polair.

Selain itu, juga menyisir mulai diperairan wilayah Banyuwangi utara yang berbatasan dengan Kabupaten Situbondo hingga ke wilayah Banyuwangi selatan yang berbatasan dengan Kabupaten Jember.

“Ini kami lakukan untuk meminimalisir adanya aksi kriminalitas dari para pelaku kejahatan menjelang Hari Raya Idul Fitri,” tutur AKP Subandi.

Bahkan yang menjadi perhatian serius kepolisian adalah seluruh pelabuhan rakyat, yang di khawatirkan digunakan oleh berbagai oknum yang akan menyusup ke pulau bali maupun sebaliknya, untuk melakukan kerusuhan menjelang maupun disaat lebaran.

Dalam patroli ini, aparat kepolisian yang juga di bantu oleh anggota TNI AL ini mengawasi setiap pergerakan yang terjadi di perairan Banyuwangi. Dan kegiatan tersebut di laksanakan sampai batas waktu yang tidak bisa ditentukan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *