Home / Banyuwangi Hari Ini / Hingga 7 Hari, Tak Ada Parpol Daftarkan Bacaleg

Hingga 7 Hari, Tak Ada Parpol Daftarkan Bacaleg

Reporter : Daus VIS

radiovsfm.com, Banyuwangi –

Pendaftaran bakal calon anggota legislatif dibuka sejak tanggal 4 hingga 19 Juli. Namun hingga 7 hari masa pendaftaran, belum ada satupun partai politik yang mendaftar di Kantor Komisi Pemilihan Umum atau KPU Banyuwangi.

Namun terlihat sejumlah pengurus parpol yang datang ke kantor KPU jalan Agus Salim Banyuwangi itu, untuk konsultasi kepada komisioner KPU.

Menurut anggota KPU Banyuwangi Suherman, saat ini ada 16 parpol yang menjadi peserta pemilu legislatif di Banyuwangi. Dan sejak dibukanya pendaftaran sepekan lalu, masih tidak ada partai yang mendaftarkan bakal calegnya ke KPU.Sejumlah pengurus atau penghubung partai datang ke KPU untuk melakukan konsultasi terkait syarat kelengkapan pendaftaran bakal caleg tersebut.

Untuk di Banyuwangi sendiri kata Suherman, diperkirkan bakal ada 800 bakal caleg yang akan mendaftar ke KPU Banyuwangi. Jumlah itu berdasarkan asumsi jika 16 partai politik yang lolos verifikasi mendaftarkan  kadernya sesuai pagu maksimal. Karena setiap partai politik berhak mendaftarkan  50 orang bakal caleg sesuai dengan jumlah kursi di DPRD Banyuwangi.

Kebanyakan pengurus parpol ini berkonsultasi terkait syarat pencalegan, dan mekanisme pengesahan pencalegan, termasuk kuota 30 persen keterwakilan caleg perempuan di setiap partai politik.

Suherman menambahkan, partai politik peserta pemilu 2019, diberi waktu hingga tanggal 17 untuk mendaftarkan bakal calegnya ke KPU Banyuwangi. Pendaftaran bakal caleg akan di tutup tanggal 17 Juli  pukul 00.00 WIB. Setelah masa pendaftaran,  nantinya ada masa perbaikan selama satu minggu.

Dalam masa perbaikan ini  bakal caleg yang sudah mendaftar diberi kesempatan untuk memperbaiki berkas persyaratan pendaftaran calegnya sebelum nantinya ditetapkan sebagai daftar caleg tetap (DCT) pemilihan legeslatif 2019

Dan pengajuan  bacaleg ini, dilakukan oleh masing-masing parpol yang lolos verifikasi tingkat pusat. Bacaleg  nantinya tersebar di lima daerah pemilihan di Kabupaten Banyuwangi.

 

About Daus VIS

Check Also

Menteri Desa Bikin Vlog Homestay di Banyuwangi

radiovisfm.com, Banyuwangi – Saat berada di Banyuwangi, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *