Home / Banyuwangi Hari Ini / Peredaran Narkoba Meningkat, Dispendik Sasar Siswa Baru Lakukan Sosialisasi

Peredaran Narkoba Meningkat, Dispendik Sasar Siswa Baru Lakukan Sosialisasi

Reporter          : Ilex Vis

radiovisfm.com, Banyuwangi – Terus meningkatnya angka peredaran narkoba di wilayah Banyuwangi disetiap tahunnya, membuat berbagai pihak merasa prihatin.

Dan untuk meminimalisir terus meningkatnya para pengguna narkoba, Dinas Pendidikan Banyuwangi akan menggelar kegiatan sosialisasi tentang pencegahan narkoba kepada siswa siswi baru di seluruh SMP Swasta dan Negeri.

Staf Bidang SMP Dinas Pendidikan Banyuwangi, Agus Sujiyono mengatakan, kegiatan ini di laksanakan bersamaan dengan masa pengenalan lingkungan sekolah bagi murid baru pada Selasa (17/7) mendatang.

“Sedangkan masa pengenalan sekolah itu sendiri, berlangsung sejak 16 hingga 18 Juli 2018,” ujarnya.

Agus menjelaskan, dalam kegiatan inilah nantinya akan disisipi dengan pemaparan dan sosialisasi tentang bahayanya penggunaan narkoba dan pencegahannya. Sebagai nara sumber dari Polres Banyuwangi bersama polsek jajaran di wilayah masing masing. Juga dari pihak Dinas Pemuda dan Olah Raga serta TNI, termasuk dinas terkait dengan sejumlah kegiatan tentang penyalah gunaan narkoba.

“Sosialisasi ini digelar pemerintah daerah menyusul peredaran narkoba di wilayah Banyuwangi sudah berada pada kondisi yang sangat mengkhawatirkan,” tutur Agus.

Dari catatan kepolisian Polres Banyuwangi, ditahun 2013 berhasil diungkap 83 kasus narkoba, 2014 sebanyak 97  kasus, 2015 meningkat segnifikan mencapai 138 kasus, 2016 sebanyak 180 kasus dan di tahun 2017 mencapai 200 kasus.

Sementara sejak awal 2018 hingga Juli ini, sudah berhasil terungkap 125 kasus yang didominasi kasus peredaran pil koplo dan sabu.

Ditambahkan Agus, total jumlah SMP Negeri dan Swasta se kabupaten Banyuwangi sebanyak 170 sekolah.

“Untuk pembagian pemberian materi sosialisasi akan disesuaikan dengan personel yang ada, mengingat jumlah sekolah tingkat SMP di Banyuwangi cukup banyak,” pungkas Agus.

 

About Ilex VIS

Ilex VIS, salah satu jurnalis Radio VIS FM dan Penyiar. Anda bisa mendengarkan suara khasnya dalam program radio informasi, seperti Bingkai Pagi dan Inti VIS FM.

Check Also

Menteri Desa Bikin Vlog Homestay di Banyuwangi

radiovisfm.com, Banyuwangi – Saat berada di Banyuwangi, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *