Home / Banyuwangi Hari Ini / Perda Layak Anak Beri Sanksi Anak Mengemis 

Perda Layak Anak Beri Sanksi Anak Mengemis 

Reporter : Daus VIS
radiovisfm.com, Banyuwangi –  Raperda kabupaten layak anak yang saat ini tengah dibahas pansus DPRD Banyuwangi, akan memberikan sanksi orang tua atau badan yang mempekerjakan atau mengeksploitasi anak kecil. Contoh eksploitasi anak tersebut diantaranya adalah mengajak anak kecil untuk mengemis.
Ketua raperda Kabupaten  Layak Anak, Neny Viantin menuturkan, jika saat ini pansus bersama eksekutif telah melakukan pembahasan materi raperda untuk dilakukan penyempurnaan. Saat pembahasan materi raperda inisiatif dewan tersebut, eksekutif memberikan usulan pasal yang mengatur tentang larangan bagi orang tua atau badan usaha yang mempekerjakan atau mengeksploitasi anak kecil. Selama ini kerap terlihat orang tua yang menggendong anaknya untuk mengemis guna mencari simpati masyarakat yang melihatnya.
Menurut Neni, jika nantinya raperda ini disahkan, dan di Banyuwangi ditemukan orang tua yang mengajak anak kecilnya bekerja atau mengemis maka Satpol PP akan menertibkan. Pansus juga terus mambahas terkait bentuk sanksi yang akan dikenakan dalam raperda ini.
Untuk menyempurnakan muatan materi raperda ini lanjut Neni, eksekutif juga memberikan usulan tentang pasal yang mengatur tentang Pembentukan Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA), yakni sebuah lembaga yang memberikan pembinaan keluarga dan menjamin pendidikan terbaik pada anak.
Sedangkan saat ini, di Banyuwangi sudah ada forum anak daerah, namun kinerjanya dirasa kurang maksimal.  Dengan lahirnya raperda tentang kabupaten layak anak ini, akan menjadi payung hukum pemerintah daerah dalam melindungi dan memberdayakan anak sejak kecil hingga beranjak dewasa. Karena menurut Neni, menjadi kewajiban pemerintah untuk memberikan perlakuan khusus pada anak, khususnya anak yang tidak mampu, agar mereka dapat mengembangkan potensi dirinya.
” Nanti ada beberapa tambahan dari eksekutif yang mengatur terkait larangan bagi orang tua yang mempekerjakan anak dan megeksploitasi untuk mengemis dijalan, nanti akan bisa diberikan sanksi agar tidak terjadi lagi eksploitasi anak seperti ini “, kata Neni.

About Daus VIS

Check Also

Menteri Desa Bikin Vlog Homestay di Banyuwangi

radiovisfm.com, Banyuwangi – Saat berada di Banyuwangi, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *