Wisata Meningkat, Pemkab Harap PAD Naik Signifikan

News
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Pemkab Banyuwangi berharap Pendapatan Asli Daerah dari sektor pariwisata berupa pajak Hotel serta Restoran bisa naik signifikan seiring dengan tingginya target Pendapatan asli daerah di tahun 2018, mengingat saat ini potensi pariwisata di Banyuwangi berkembang pesat. Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Bupati Abdullah Azwar Anas pada Senin siang (3/9/18) usai mengikuti rapat Paripurna penyampaian Kebijakan Umum Perubahan Anggaran Platform Prioritas Anggaran Sementara (KUPA PPAS APBD) tahun 2018.

Anas menuturkan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) BAnyuwangi yang dipatok saat ini targetnya sangat tinggi. Hal tersebut dilakukan seiring dengan meningkatnya potensi pariwisata di Banyuwangi, yang mulai banyak dikunjungi turis dari mancanegara dan domestik. Tingginya potensi pariwisata ini diharapkan bisa mendongkrak pendapatan daerah khususnya dari sektor pajak hotel dan restoran. Karena Pemkab Banyuwangi bersama DPRD telah mematok target PAD dalam APBD 2018 sebesar Rp. 527 M, sedangkan dalam perubahan APBD 2018 target PAD naik menjadi Rp. 589 M.

Dengan tingginya target Pendapatan Asli Daerah ini, Bupati Anas mengajak seluruh pemilik warung dan restoran untuk selalu taat membayar pajak 10 persen dari hasil penjualan makanan yang ditarik dari pembeli, termasuk pajak hotel di Banyuwangi.

Meskipun kata Anas, meningkatnya kunjungan wisata ini bisa berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat dan tidak harus sebanding dengan meningkatnya jumlah pendapatan daerah, namun anas berharap kepada pengusaha hotel dan restoran ini lebih proaktif dalam memberikan pajaknya ke daerah. Karena selama ini, pemkab banyuwangi selama kurang lebih 5 tahun sudah gencar melakukan promosi pariwisata. Sehingga diharapkan, upaya pemerintah daerah ini bisa dimanfaatkan oleh pengusaha untuk mengembangkan usahanya serta pro aktif menarik pajak 10 persen dari pembeli atau pengunjung hotel untuk disetorkan ke daerah.

 

Pendapatan Asli Daerah dalam perubahan anggaran APBD tahun 2018 ini diperoyeksikan meningkat sebesar Rp. 62 M dari target yang ditetapkan saat APBD induk tahun 2018 sebesar Rp. 527 M, sehingga PAD Banyuwangi di akhir tahun diproyeksikan mencapai Rp. 589 M.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS