Lunasi Pinjaman, Pemkab Alokasikan SILPA

News
Typography
radiovisfm.com, Banyuwangi - Melalui perubahan anggaran APBD 2018 ini, Pemkab Banyuwangi akan mengalokasikan anggaran SILPA untuk pelunasan pinjaman daerah dan pembayaran kepada pihak ketiga dengan nilai total sebesar Rp. 437 M.
 
Pernyataan tersebut diungkapkan wakil bupati Yusuf Widyatmoko pada Selasa siang (18/9/18), dihadapan anggota dewan dalam rapat paripurna Penyampaian Nota Keuangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2018.
 
Yusuf Widyatmoko menuturkan, dalam rancangan perubahan APBD 2018 yang akan dibahas dewan ini, dalam kegiatan pembiayaan, ada pengeluaran untuk pelunasan pinjaman daerah jangka pendek dan pembayaran kepada pihak ketiga sebesar Rp. 437 milyar 721 juta. Pengeluaran tersebut, untuk digunakan pelunasan sisa anggaran yang belum terbayar saat kegiatan pembangunan yang sudah dilaksanakan di tahun anggaran sebelumnya.
 
Dalam perubahan APBD 2018 ini terdapat penambahan penganggaran Sisa Lebih Perhitungan Anggaran atau (SILPA) tahun lalu, sesuai dengan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan RI. Karena menurut Wabup, Perlu diadakan penyesuaian kembali  pengalokasian penerimaan SILPA  tahun sebelumnya pada Perubahan APBD tahun ini berkenaan dengan  hasil pemeriksaan BPK RI serta pembayaran pinjaman jangka pendek daerah.
 
Penggunaan SILPA untuk pembayaran sisa anggaran yang belum terbayar ke pihak ketiga sertapelunasa pinjaman daerah jangka pendek ini, dilakukan pemkab setelah penetapan pertanggungjawaban  pelaksanaan  APBD  2017. Yang mana kebijakan tersebut, sesuai hasil audit yang telah dilakukan oleh BPK RI.
 
Wakil bupati Yusuf Widyatmoko menambahkan, Perubahan APBD Tahun Anggaran 2018 ini dilakukan diantaranya karena adanya pergeseran anggaran antar kegiatan dan antar jenis belanja, serta adanya perubahan proyeksi pendapatan yang menyebabkan saldo anggaran lebih tahun sebelumnya digunakan untuk tahun berjalan, sehingga perlu diadakan perubahan dalam pelaksanaan program dan kegiatan serta pembiayaan pinjaman daerah jangka pendek.   
 
 
Sementara itu, dalam perubahan APBD 2018 ini, Estimasi Perubahan Pendapatan Daerah  dalam Tahun  Anggaran 2018 semula sebesar 2, 9 Trilyun mengalami kenaikan menjadi sebesar 3.7 trilyun atau naik menjadi 72 milyar.
Pendapatan Asli Daerah diproyeksikan sebesar  596 milyar 482 juta. Sedangkan kemampuan belanja daerah yang semula sebesar 3,9 Trilyun mengalami  penurunan 118 milyar, menjadi sebesar 2,8 trilyun.
BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS