Enam Ratusan Caleg Bakal Perebutkan 50 Kursi

News
Typography

www.radiovisfm.com, Banyuwangi - Rekan VIS FM / KPU Banyuwangi sudah menetapkan daftar calon tetap atau DCT calon anggota legislatif yang akan bertarung dalam pemilu legislatif 2019 mendatang untuk memperebutkan 50 kursi di DPRD Banyuwangi. Dalam DCT yang ditetapkan oleh KPU pada kamis siang tersebut, terdapat 601 caleg yang akan bertarung dalam pemilu legislatif mendatang. Jumlah itu meningkat dari jumlah daftar caleg sementara atau DCS yang sebelumnya sebanyak 592 caleg.  Penambahan jumlah caleg itu, setelah bawaslu memutuskan untuk meloloskan 9 bacaleg partai persatuan pembangunan, yang sebelumnya tidak bisa masuk dalam daftar caleg sementara atau DCS, lantaran data calegnya tidak tercover dalam aplikasi SILON KPU.

Sebelumnya, KPU menetepakan daftar calon sementara atau DCS Pileg 2019 sebanyak 592 orang bacaleg yang  berasal dari 14 partai politik  yanmg terdiri dari 12 parpol lama dan 2 parpol baru. Setelah ditetapkannya DCS menajdi DCT, jumlah caleg di banyuwangi bertambah menjadi 601 caleg. Penambahan 9 nama caleg tersebut, setelah bawaslu meloloskan 9 orang caleg partai persatuan pembangunan, dalam sidang adjudikasi sengketa pencalonan.

Komisoner KPU Banyuwangi Edy Saiful Anwar menuturkan, dari hasil rapat pleno anggota KPU, sudah ditetapkan jumlah dan nama caleg yang akan bertarung dalam pemilu legislatif di Banyuwangi, yang sebelumnya DCS menjadi DCT. Sebelum penetapan DCT ini, KPU terlebih dahulu memeriksa kelengkapan persyaratan caleg, termasuk persyaratan administrasi. Sehingga saat penetapan DCT ini, seluruh calon anggota legislatif  yang tercatat dalam DCT tersebut dipastikan sudah memenuhi syarat. Nama nama caleg yang tercatat di DCT ini, akan diumumkan melalui website KPU Banyuwangi, di  www.kpud-banyuwangikab.go.id, serta diumukan disejumlah media massa.

Edy menjelaskan, dalam DCT yang diumumkan oleh KPU tersebut selama 3 hari sejak 21 hingga 23 september tersebut, ada beberapa caleg yang diganti karena suatu hal. Diantaranya caleg Nasdem yang mengundurkan diri dan sudah diganti oleh partainya, serta salah satu caleg hanura di dapil 2 yang juga diganti karena mendapat tanggapan dari masyarakat.

 

 

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS