Peringati Hari Jantung Sedunia, Dinkes Buka Posbindu di VIS FM

News
Typography

 

radiovisfm.com, Banyuwangi – Pada 2014 data WHO menyebutkan bahwa dari 56,4 juta masyarakat, 17.7 persen atau sekitar 39, 5 juta diantaranya meninggal akibat penyakit jantung koroner. Hal dikatakan oleh dr. Siti Asiyah, MMRS dalam Talkshow memperingati hari Jantung Sedunia pada 29 September.

Peringatan hari Jantung Sedunia tahun 2018 mengambil tema “ My Heart Your Heart “ tersebut sudah dilaksanakan oleh RSUD Blambangan pada Senin (24/9/18) lalu. Menurut Asiyah, tujuan kegiatan ini adalah menumbuhkan kesadaran masyarakat terkait penyakit jantung, memotivasi masyarakat dengan gangguan jantung agar bisa survive, meotivasi masyarakat agar mengkonsumsi makanan yang benar (sehat) agar terhindar dari penyakit jantung. Kepala Pelayanan Kesehatan RSUD Blambangan ini mengatakan gaya hidup merokok masih menjadi faktor resiko munculnya penyakit jantung.

“ Data WHO 2014 menyatakan, penyakit jantung merupakan penyebab kematian kedua setelah penyakit stroke” katanya.

Dia menambahkan, anggaran BPJS selama ini telah banyak guna pembiayaan penyakit jantung, maka dari itu masyarakat diharapkan bisa menjaga pola hidup sehatnya.

Masfufah SKM, Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular pada Dinas Kesehatan kab. Banyuwangi mengatakan, Dinas Kesehatan terus melakukan upaya pencegahan dan pengendalian penyakit jantung di masyarakat. Gerakan masyarakat hidup sehat harus terus digalakkan mulai dari keluarga, karena keluarga merupakan bagian terkecil dari masyarakat. Aktifitas ini meliputi cek kesehatan rutin, makan buah dan sayur, serta banyak melakukan aktifitas fisik. Dia menambahkan, program Indonesia Sehat, bertujuan meningkatkan kualitas hidup manusia Indo nesia mulai dari keluarga.

Selain Germas, menurutnya ada langkah Cerdik yang juga harus di implementasi kan dalam kehdupan sehari-hari, dalam hal ini Dinkes juga telah bentuk Posbindu Penyakit Tidak Menular. Cerdik merupakan kepanjangan dari Cek kesehatan, Enyahkan asap rokok, Rajin Olahraga, Diet sehat dengan kalori seimbang, istirahat cukup, dan kelola stress.

 Salah satu kegiatan cerdik ini sudah kita lakukan dalam bentuk Posbindu yang juga kami lakukan di studio VIS FM saat ini, yakni pemeriksaan colesterol, LDL, HDL, Triglliserida, dan ratio lemak guna mengatahui apakah kita terindikasi gangguan jantung”, katanya.

Masfufah berharap masyarakat semakin sadar akan pentingnya hidup sehat guna menghindari penyakit tidak menular yang sangat membahayakan.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS