Bawaslu : Ribuan DPT Tak Penuhi Syarat

News
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menemukan 1900 lebih data pemilih yang tidak memenuhi syarat masih tercover dalam DPT pemilu 2019 di Banyuwangi. Menindaklanjuti temuan tersebut, Bawaslu Banyuwangi mengirimkan rekomendasi ke KPU Banyuwangi pada hari Kamis (27/9/18) kemarin, agar melakukan pencermatan ulang dan memperbaiki data pemilih yang tidak memenuhi persyaratan tersebut hingga pertengahan bulan November mendatang.

Koordinator divisi pengawasan pada Bawaslu Banyuwangi Andrian Yansen Pale menuturkan, sebelumnya bawaslu telah menemukan 2 ribu lebih data pemilih ganda, pasca penetapan DPT hasil perbaikan oleh KPU pada 12 september lalu. Yang selanjutnya temuan tersebut direkomendasikan kepada KPU untuk dilakukan perbaikan. Selanjutnya bawaslu juga melakukan pencermatan ulang  terhadap daftar pemilih tetap pemilu legislatif dan pemilu presiden 2019 di Banyuwangi tersebut. hasilnya, dari 1,2 juta lebih daftar pemilih di Banyuwangi tersebut, masih ditemukan sejumlah data pemilih bermasalah yang tersebar di 23 kecamatan di Banyuwangi.  

Temuan tersebut diantaranya data pemilih yang tidak memenuhi syarat berjumlah 1.959 pemilih, data pemilih yang memenuhi syarat namun belum terdaftar dalama DPT hasil perbaikan sebanyak 321 dan juga ditemukan kesalahan dalam penulisan elemen data pemilih yang berjumlah 1.984 pemilih.

Dari temuan tersebut, lanjut Yansen, Bawaslu merekomendasikan kepada KPU Banyuwangi agar melakukan pencermatan ulang data pemilih tetap yang sudah dilakukan perbaikan tersebut, agar sejumlah data pemilih bermasalah itu diperbaiki sebagaimana mestinya. KPU beserta jajarannya memiliki waktu kurang lebih satu setengah bulan untuk menindaklanjuti rekomendasi dari Bawaslu tersebut. Karena pada tanggal 15 November nanti, harus dilakukan penetapan DPT ulang, yang juga harus dipastikan DPT pemilu 2019 di Banyuwangi itu benar benar valid dan tidak bermasalah.

 

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS