Parpol Wajib Laporkan Penggunaan Dana Kampanye

News
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - KPU Banyuwangi saat ini tengah melakukan evaluasi rekening dana kampanye milik partai politik yang akan digunakan dalam kampanye pemilu legislatif 2019. Selanjutnya secara berkala, seluruh partai politik juga wajib menyerahkan laporan penggunaan dana kampanye mereka kepada KPU yang berisi penerimaan dan pengeluaran dana kampanye. Karena partai politik yang nantinya tidak menyerahkan laporan dana kampanye, sesuai dengan Undang Undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu, dikenai sanksi berupa pembatalan penetapan calon terpilih.

Komisioner KPU Banyuwangi Edy Saiful Anwar menuturkan, saat ini KPU tengah melakukan verifikasi rekening dana kampanye yang berisi Laporan Awal Dana Kampanye milik masing masing parpol. Setelah proses verifikasi selesai, KPU akan mengumumkan dana yang akan digunakan oleh masing masing parpol untuk kampanye di BPeseranyuwangi selama masa kampanye pemilu legislatif.

Nantinya secara berkala, setiap partai politik juga wajib menyerahkan laporan dana kampanye mereka masing masing, yang juga mencantumkan laporan dana kampanye dari masing masing caleg parpol. Laporan dana kampanye parpol itu nantinya harus diserahkan kepada akuntan publik yang ditunjuk oleh KPU, sampai batas waktu yang ditentukan.

Edy menambahkan, setelah masa kampanye berakhir dan proses pemilihan umum calon anggota legislatif selesai, seluruh parpol juga wajib menyerahkan laporan dana yang digunakannya selama proses kampanye, yang berisi penerimaan dan pengeluaran. Jika ada partai politik yang tidak menyerahkan laporan dana kampanye mereka sampai batas waktu yang ditentukan, maka  parpol tersebut dikenai sanksi tidak ditetapkan anggota DPRD menjadi calon terpilih.

" Peserta pemilu wajib menyerahkan laporan dana kampanye, sehari sebelum masa kampanye," kata Edy.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS