KPU Minta Parpol Serahkan Desain APK

News
Typography
radiovisfm.com, Banyuwangi - KPU meminta kepada partai politik peserta pemilu 2019 untuk segera menyerahkan desain Alat Peraga Kampanye (APK) paling lambat hari Senin (8/10/18), agar bisa segera dicetak oleh KPU dan didistribusikan ke parpol untuk dipasang. Pernyataan tersebut diungkapkan oleh komisioner KPU Banyuwangi Jamaludin, pada Kamis siang (4/10/18) saat memimpin rapat koordinasi dengan seluruh pengurus parpol di aula KPU Banyuwangi, terkait alat peraga kampanye.
 
Jamaludin menuturkan, APK parpol peserta pemilu berupa baliho dan spanduk difasilitasi oleh KPU, namun desainnya diserahkan kepada parpol masing masing. Sedangkan penyerahan desain APK ini seharusnya sudah dilakukan sebelum masuk masa kampanye kemarin. Oleh karena itu, KPU memberikan deadline kepada parpol agar menyerahkan desain APK yang akan  dicetak oleh KPU tersebut paling lambat hari Senin besok.
 
Jamaludin menjelaskan, untuk pemilu legislatif kali ini, pembuatan APK parpol disediakan oleh KPU dengan rincian tiap parpol mendapat baliho ukuran 3x 4 meter dengan jumlah 10 baliho, serta spanduk ukuran 1,25 x 4 meter sebanyak16 spanduk. Namun demikian, selain disediakan oleh KPU, Parpol peserta pemilu juga boleh membuat APK sendiri yang disebut sebagai APK tambahan, dengan jumlah yang juga dibatasi oleh peraturan KPU. Adapun jumlah juga sama dengan APK yang disediakan  oleh KPU. Sehingga parpol hanya boleh memasang baliho di tiap desa maksimal 5 baliho dan spanduk maksimal 10 spanduk di tiap desa.
 
Dalam rapat kordinasi antara KPU dengan perwakilan pengurus parpol di Banyuwangi tersebut juga dibuatkan berita acara kesepakatan tentang batasan wilayah dan tempat yang boleh atau tidak dipasangi alat peraga kampanye sertam tata cara pemasangannya. Para pengurus parpol sepakat jika ada pemasangan APK yang melanggar akan diturunkan sendiri oleh petugas partai yang memasang APK tersebut.
BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS