KPU Fasilitasi APK Parpol Tanpa Identitas Caleg

News
Typography
radiovisfm.com, Banyuwangi - KPU kabupaten menyediakan Alat Peraga Kampanye (APK) bagi peserta pemilu legislatif 2019 berupa baliho dan spanduk. Desain Alat Peraga Kampanye (APK) yang disediakan oleh KPU hanya memampang logo partai dan mencantumkan nama dan foto ketua dan sekretaris parpol yang bersangkutan tanpa mencantumkan nama dan gambar caleg parpol.
 
Komisioner KPU Banyuwangi Jamaludin menuturkan, KPU saat ini masih menunggu usulan desain gambar baliho dan spanduk kampanye milik parpol yang difasilitasi oleh KPU. Dalam pembuatan desain APK tersebut memuat ketentuan yang mengatur tentang tema desain APK yang disediakan oleh KPU. 
 
Nantinya desain tersebut hanya mencantumkan simbol atau gambar parpol beserta pengurusnya yakni ketua dan sekretaris parpol tingkat kabupaten tanpa mencantumkan nama atau gambar calegnya. Karena sejatinya, peserta pemilu legislatif itu kata Jamal adalah partai politik, sehingga gambar yang dipasang hanya nomor urut dan gambar parpol serta nama dan gambar ketua dan sekretaris parpol.
 
KPU akan menolak desain yang diusulkan parpol jika mencantumkan nama atau gambar calegnya. Jika parpol ingin membuat desain APK yang mencantumkan nama dan gambar calegnya bisa dilakukan sendiri melalui pembuatan APK tambahan yang dibiayai oleh parpol sendiri. Jamaludin menambahkan, ukuran APK parpol yang difasilitasi oleh KPU dibuat berdasarkan kesepakatan antara KPU dan Parpol di Banyuwangi. Untuk Baliho ukuran maksimal 3 x 4 meter dan spanduk berukuran 1,25 x 6 meter. Sedangkan jatah masing masing parpol mendapatkan 5 baliho dan 16 Spanduk, yang titik lokasi pemasangannya sudah disepakati bersama sepanjang tidak melanggar ketentuan undang undang maupun peraturan daerah di Banyuwangi.
 
Untuk APK tambahan yang dibuat oleh parpol,  juga dibatasi jumlahnya. parpol boleh membuat alat peraga kampanye sendiri maksimal sebanyak 5 Baliho tiap parpol. Sedangkan untuk spanduk, parpol hanya boleh membuat atau memasang spanduk maksimal 10 spanduk di tiap desa.
 
Aturan mengenai fasilitasi kampanye diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) nomor 28 tahun 2018, perubahan atas PKPU nomor 23 tahun 2018. Petunjuk teknis fasilitas APK bagi peserta Pemilu 2019, tertuang dalam surat KPU RI Nomor 946 tahun 2018. 
BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS