Bawaslu Harap Parpol Patuhi Kesepakatan Bersama

News
Typography
radiovisfm.com, Banyuwangi - Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Banyuwangi berharap, seluruh parpol mematuhi kesepakatan bersama tentang pembuatan dan pemasangan alat peraga kampanye pemilu legislatif. Jika ada parpol yang melanggar dengan memasang APK diluar ketentuan peraturan KPU atau kesepakatan bersama, akan ditertibkan oleh Bawaslu bersama Satpol PP.
 
Komisioner Bawaslu Banyuwangi Andrian Yansen Pale menuturkan, seluruh pengurus parpol di Banyuwangi sudah membuat kesepakatan bersama KPU dan Bawaslu tentang pembuatan dan pemasangan alat peraga kampanye. Baik jumlah APK yang dibuat parpol sendiri maupun titik pemasangannya.
 
Karena berdasarkan peraturan KPU, pembuatan APK berupa baliho dan spanduk ini jumlahnya dibatasi, dan titik pemasangannya juga sudah disepakati bersama, sepanjang tidak melanggar peraturan daerah dan undang undang yang berlaku.
 
Menurut Andrian, nantinya jika ditemukan ada alat peraga kampanya milik parpol yang melanggar, Bawaslu akan melakukan sejumlah upaya persuasif sebelum Bawaslu mengeluarkan rekomendasi penertiban.
Karena permasalahan tentang APK ini, selain berpotensi terjadinya pelanggaran administratif, juga berpotensi memunculkan pelanggaran pidana.
 
Pria yang akrab disapa Ansel ini menambahkan, terkait persoalan alat peraga kampanye ini, Bawaslu berharap parpol bisa mematuhi ketentuan dalam hal pemasangan APK serta kesepakatan bersama yang dibuat oleh seluruh pengurus parpol tentang pembuatan dan pemasangan alat peraga kampanye pemilu legislatif. Sehingga kedepan pemasangan APK bisa tertib dan tidak memunculkan masalah.
 
 
Sesuai peraturan KPU, alat peraga kampanye peserta pemilu legislatif 2019 pembuatannya difasilitasi oleh KPU. Tiap parpol akan mendapat jatah baliho ukuran maksimal 3 x 4 meter sebanyak 5 baliho dan spanduk berukuran 1,25 x 6 meter sebanyak 16 spanduk. Namun parpol juga boleh membuat APK tambahan yang jumlahnya juga dibatasi. Tiap parpol boleh membuat Baliho maksimal 5 baliho untuk satu kabupaten dan 10 spanduk yang dipasang di tiap desa atau kelurahan. Sedangkan titik pemasangan APK parpol, harus dilaporkan kepada KPU.
BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS