Banmus Segera Jadwalkan 3 Raperda

News
Typography

 

radiovisfm.com, Banyuwangi - Setelah melakukan pembahasan panjang, DPRD segerah mengesahkan raperda tentang Ijin Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah (IPPT). Karena raperda yang dibahas dewan sejak tahun 2015 dan pengesahannya sempat tertuda itu, sudah melalui proses fasilitasi di gubernur dan tinggal pengesahan saja. Rencana pengesahaan raperda IPPT ini, juga akan bersamaan dengan pengesahan dua raperda lain yang juga sudah melalui proses fasilitasi di gubernur. Yakni raperda tentang penyelenggaraan kabupaten layak anak dan raperda tentang penyelenggaraan produk pertanian unggulan yang berdaya saing.

 

Wakil ketua DPRD Banyuwangi Ruliyono menuturkan, dalam rapat anggota badan musyawarah DPRD yang dipimpinnya, sepakat untuk mengagendakan pengesahan 3 raperda yang sudah dilakukan proses fasilitasi Gubernur. Karena tahapan akhir dari pembahasan sebuah peraturan daerah ini adalah proses fasilitasi Gubernur sebelum pengesahan. 

 

Selanjutnya, badan musyawarah dewan merekomendasikan kepada pansus 3 raperda itu untuk melakukan kordinasi internal dengan mitra kerja di eksekutif untu menjadwalkan agenda pengesahan. Dari Ketiga raperda tersebut, raperda IPPT termasuk raperda yang pembahasannya sangat lama karena sempat tertunda pada tahun 2015 lalu dan pembahasan dimulai lagi pada awal tahun 2018.

 

Ruliyono menambahkan, dari hasil rapat anggota Badan musyawarah juga meminta anggota dewan yang tergabung dalam 4 pansus raperda untuk segera melakukan finalisasi pembahasan dengan mitra kerja di eksekutif pada hari selasa 16 oktober, agar 4 raperda yang tengah dalam pembahasan pansus ini, bisa segera dilakukan fasilitasi ke Gubernur. Mengingat saat ini, sisa akhir tahun anggaran 2018 kurang dua bulan lagi. Sehingga diharapkan 4 raperda ini bisa disahkan sebelum tahun 2018 berakhir.

 

4 raperda tersebut adalah 2 raperda usulan eksekutif tentang penyertaan modal pada PDAM dan raperda revisi perda tentang retribusi jasa umum. Ditambah dua raperda inisiatif dewan tentang Perlindungan dan pemberdayaan petani serta raperda tentang perlindungan dan Pemberdayaan Usaha mikro di Banyuwangi.

 

 

 

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS