Dinas ESDM Jatim Berikan Apresiasi 10 Juta Jam Kerja Tanpa Cidera di PT. BSI

News
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Dinas Energi Sumber Daya Mineral atau ESDM Provinsi Jawa Timur memberikan apresiasi terhadap perusahaan tambang PT Bumi Suksesindo, sebagai satu satunya operator tambang emas di pulau Jawa, yang telah mencapai 10 juta jam kerja tanpa kehilangan jam kerja akibat kecelakaan.


Apresiasi itu disampaikan  Kepala Dinas ESDM Provinsi Jatim, Setiadji  pada Minggu siang (21/10/18) pada acara syukuran dalam rangka merayakan keberhasilan perusahaan tambang mewujudkan kinerja tanpa kecelakaan kerja sejak beroperasi tahun 2017 lalu. 
Setiadji menuturkan, perusahaan tambang emas itu memiliki resiko kecelakaan kerja yang sangat tinggi. Namun PT BSI telah berhasil mewujudkan kinerja tanpa kecelakaan kerja hingga 10 juta jam.

Sedangkan untuk memperoleh prestasi  ini tidak mudah. Karena harus ada komitmen tinggi bagi manajemen perusahaan dan karyawan  dalam menjalankan standar operasional prosedur atau SOP keselamatan kerja.

Dalam acara syukuran atas terwujudnya 10 juta jam kerja tanpa kecelakaan yang digelar di lokasi kantor PT. BSI di desa Sumberagung Pesanggaran itu, dihadiri oleh ribuan karyawan PT. BSI. 

Dalam kesempatan itu, Setiadji menyampaikan jika keberhasilan ini akan disampaikannya kepada gubernur dan DPRD Jatim agar PT. BSI dapat penghargaan, sehingga bisa ditiru perusahaan tambang lain di Indonesia.

Karena perusahaan ini bisa menjadi contoh bagi perusahaan tambang lain. Karena di Indonesia maupun di dunia,  jarang perusahaan tambang bisa menekan angka kecelakaan kerja sampai nol. Disisi lain, ia mendengar jika keberadaan tambang emas tumpang pitu ini, berdampak pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat sekitar tambang emas.

Sementara itu Direktur PT. BSI, Boyke Abidin menyatakan, jika  catatan sejarah keselamatan dalam dunia kerja hingga mencapai 10 juta jam kerja ini,  karena perusahaannya menerapkan kaidah penambangan yang baik, karena kerja dunia tambang yang menggunakan alat berat serta bahan berbahaya ini sangat berisiko bagi keselamatan kerja karyawan. Sehingga penerapan SOP dilakukan kerja secara ketat. 

Kesuksesan meraih prestasi 10 juta jam kerja tanpa kecelakaan ini, juga menjadi prestasi semua orang yang terlibat dalam Operasi ekploitasi bukit tumpang pitu. Mereka tidak hanya bekerja keras tapi juga berkomitmen untuk menerapkan semboyan K3, yakni kesehatan, keselamatan kerja.

 

Sedangkan untuk menuju ke arah itu, perusahaan menerapkan berbagai perangkat keamanan kerja. Antara lain, OK-KAN, Tahan, Takon 7, JSEA, dan Golden Rules. Dan semua perangkat itu dibuat untuk memastikan setiap pekerja memahami jenis pekerjaan, potensi bahaya dan cara mengatasinya.

Boyke menambahkan, karyawan BSI juga dituntut agar bisa menjadi insan merdeka. Yakni bertanggung jawab, bersahabat bagi lingkungan - masyarakat - keluarga, kerja keras, dan coorporate culture.

Dalam perayaan 10 juta jam kerja tanpa kecelakaan tersebut, manajemen PT. BSI juga membagikan door prize 12 unit sepeda motor kepada karyawan. Serta wisata berkeliling area tambang yang ditunjang dengan fasilitas lengkap, berupa transportasi, hiburan hingga pemberian konsumsi yang melimpah.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS