Bawaslu Dapati Laporan Pelanggraan Kampanye

News
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Banyuwangi banyak menerima laporan pengaduan dari masyarakat tentang dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan oleh peserta pemilu legislatif 2019. Sebagian besar laporan pengaduan ini menyangkut pelanggaran pemasangan alat peraga kampanye dan bahan kampanye yang dipasang di pohon dan melintang dijalan.

Hal tersebut diungkapkan oleh komisioner Bawaslu Banyuwangi, Andrian Yansen Pale pada Rabu siang (24/10/18), saat melakukan sosialisasi pengawasan pemilu kepada peserta pemilu dan wartawan, yang digelar di hotel El Royal.

Andrian Yansen Pale menuturkan, sejak dimulainya masa kampanye pemilu legislatif tanggal 23 September lalu, pihaknya banyak menerima pengaduan dari masyarakat tentang dugaan pelanggaran pemasangan alat peraga kampanye dan bahan kampanye milik parpol. Karena banyak alat peraga kampanye atau APK seperti gambar partai atau caleg yang terpasang di pohon pinggir jalan. Bahkan tidak jarang ia menerima laporan tentang pemasangan gambar parpol atau caleg yang melintang dijalan.

Pemasangan alat peraga kampanye dan bahan kampanye kata Andrian tidak boleh melanggar undang undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu serta peraturan Kpu tentang kampanye. Selain tidak bileh dipasang di sejumlah tempat yang dilarang untuk digunakan kampanye seperti lembaga pendidika, tempat ibadan dan instansi pemerintahan, pemasangan APK juga tidak boleh dilakukan di pohon yang ada di tempat umum atau melintang di tengah jalan.

Usai menerima pengaduan dari masyarakat tentang pelanggaran pemasangan APK, bawaslu melalui Panwascam setempat langsung berkirim surat kepada pimpinan parpol pemilik APK yang dilaporkan melanggar itu agar segera dilepas dan dipasang di tempat yang diperbolehkan. Dan kedepan, bawaslu mengajak seluruh elemen masyarakt untuk bersama sama mengawasi proses pemilu dan melporkan kepada Bawaslu jika ditemukan dugaan pelanggaran pemilu.

Komisoner Bawaslu bidang penindakan ini menambahkan, melalui acara sosialisasi pengawasan pemilu ini, pihaknya berharap pada peserta yang hadir seperti pengurus parpol, menyampaikannya kepada jajaran pengurus partainya masing. Dengan harapan, partai politik sebagai peserta pemilu mengetahui berbagai kegiatan yang diperbolehkan atau dianggap melanggar.

Dengan diundangnya wartawan dalam sosialisasi pengawasan pemilu ini kata Andrian, Bawaslu berharap kepada awak media turut berpartisipasi dalam  mengawasi proses dan tahapan pemilu tahun 2019. Baik pemilu legislatif maupun pemilu presiden dan wakil presiden.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS