Bawaslu Minta PPL Cermati Ulang DPT Pemilu 2019  

Banyuwangi Hari Ini
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Banyuwangi meminta jajarannya melakukan pencermatan ulang Daftar Pemilih Tetap atau DPT pemilu 2019 melalui proses verifikasi faktual.

Menyusul adanya penambahan jumlah pemilih tambahan yang cukup signifikan mencapai 52 ribu pasca dilakukannya penetapan DPT Hasil Perbaikan atau DPT HP kedua.

Divisi pengawasan Bawaslu Banyuwangi, Andrian Yansen Pale menuturkan, jumlah pemilih tambahan di Banyuwangi pada pemilu 2019 mendatang usai penetapan DPT hasil perbaikan tahap dua mencapai 53 ribu lebih.

Menyikapi adanya pemilih tambahan yang jumlahnya meningkat sigifikan tersebut, kata ansel ada beberap hal yang perlu dilakukan pencermatan ulang. Tujuannya untuk memastikan keakuratan data tambahan tersebut apakah orangnya benar sebagai warga setempat atau mungkin tidak jelas domisili atau keberadaannya.

Ansel menjelaskan, bawaslu saat ini memerintahkan Panitia Pengawas Lapangan (PPL) selaku pengawas pemilu tingkat kelurahan atau desa melakukan pencermatan ulang, dengan metode verifikasi faktual terkait adanya tambahan pemilih yang perlu diverifikasi tersebut. 

Setiap desa akan dilakukan sampling minimal sebanyak 5 persen dari jumlah daftar pemilih yang ada di wilayah desa atau kelurahan setempat. Hasil verfikasi data tersebut nantinya akan dikaji oleh bawaslu untuk memberikan rekomendasi kepada KPU, jika ditemukan kejanggalan dalam data pemilih yang akan digunakan dalam pemilu legislatif dan pilpres tahun 2019 tersebut.

“ Bawaslu minta PPL untuk melakukan pencermatan ulang terkait adanya tambahan pemilih yang perlu diverifiaksi”, katanya.

Pada perbaikan DPT Hasil perbaikan tahap kedua yang sudah dilakukan KPU,  jumlah pemilih di Banyuwangi mencapai 1 juta 323 ribu 840 pemilih. Jumlah tersebut naik signifikan dibanding data sebelumnya yang hanya  1 juta 270 ribu 802 pemilih, atau naik sebanyak 53 ribu.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.