Rawan Bencana Tsunami, Masyarakat Pinggir Pantai Bentuk Desa Tangguh Bencana

Pantai Pancer yang pernah diterjang tsunami pada 1994 lalu

Pemerintahan
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Sejumlah daerah di Banyuwangi membentuk Desa Tangguh Bencana guna meningkatkan kesiap siagaan di dalam menghadapi ancaman bencana tsunami, menyusul di beberapa lokasi pantai masuk dalam daerah rawan tsunami.

Tercatat, saat ini sudah ada 9 desa yang membentuk Desa Tanggap Darurat, yang seluruhnya berada di kawasan pantai selatan seperti Desa Sarongan, Desa Sumberagung, Desa Pesanggaran juga Desa Grajagan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Fajar Suasana mengatakan, berdasarkan aspek Topografi, ancaman tsunami di wilayah Banyuwangi terbagi dalam 3 zona kawasan yakni zona tinggi, zona sedang dan zona rendah. Untuk yang masuk zona tinggi berada di wilayah pantai selatan, mulai dari pantai Rajegwesi di Kecamatan Pesanggaran hingga di pantai Grajagan Kecamatan Purwoharjo.

“Sedangkan untuk zona sedang mulai dari kawasan Pantai Grajagan hingga ke Pantai Boom Kecamatan Banyuwangi kota,” ujar Fajar.

Sementara untuk wilayah yang masuk zona rendah kata Fajar, mulai dari kawasan pantai Boom hingga ke berbagai pantai di kawasan Banyuwangi utara tepatnya di Kecamatan Wongsorejo.

“Daerah yang dinilai paling rawan atau indeks resiko tinggi terdampak bencana tsunami ada di sekitaran pinggir pantai karena berhadapan langsung dengan laut, utamanya kawasan laut selatan,” tutur Fajar.

Oleh sebab itu, Desa Tangguh Bencana ini dibentuk oleh masyarakat setempat melalui komponen perencanaan yang matang, sekaligus yang melaksanakan juga masyarakat.

“Dahulu pembinanya adalah BPBD Banyuwangi dan BPBD Propinsi Jawa Timur, tapi saat ini mereka berjalan sendiri karena sudah mengetahui besaran resiko yang akan di hadapi jika terjadi bencana tsunami,” papar Fajar.

Sementara itu, saat ini tercatat ada 4 dari 7 alat peringatan dini tsunami (Early Warning System) yang di pasang oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi di 4 lokasi pesisir pantai mengalami kerusakan. Yaitu di Pantai Rajegwesi dan Pantai Pancer yang ada di Kecamatan Pesanggaran, juga di pantai Blimbingsari Kecamatan Blimbingsari dan Pantai Boom Kecamatan Banyuwangi kota.

Sementara 3 EWS yang hingga kini masih berfungsi maksimal adalah di kawasan pantai Muncar Kecamatan Muncar, Pantai Grajagan Kecamatan Purwoharjo dan Pantai Lampon Kecamatan Pesanggaran.

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS