Dewan Harap Eksekutif Lelang Jabatan Kepala SKPD di 7 Instansi

Pemerintahan
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Pemkab Banyuwangi saat ini tengah melakukan lelang jabatan Dinas pemberdayaan perempuan dan keluarga berencana atau DPP KB untuk mengisi kekosongan kepala dinas yang sebelumnya dijabat oleh Pua Jiwa. Sedangkan saat ini, selain DPP KB, ada 6 instansi lain yang juga mengalami kekosongan jabatan pucuk pimpinan.

Menyikapi adanya proses lelang jabatan yang saat ini tengah berjalan, DPRD Banyuwangi berharap proses lelang jabatan yang tersebut, bisa menghasilkan pejabat devinitif yang berkualitas. Namun disisi lain, DPRD juga berharap Pemkab Banyuwangi segera melakukan lelang jabatan terhadap 6 instansi lainnya, agar jalannya kinerja pemerintahan bisa lebih maksimal.

Wakil ketua DPRD Banyuwangi Ruliyono menuturkan, lelang jabatan kepala dinas ini menjadi wewenang bupati sebagai kepala daerah. Karena beliaulah yang paling mengerti kinerja perangkat dibawahnya. 

Kebijakan pemerintah mencari sosok kepala dinas melalui proses lelang jabatan ini kata Ruliyono dianggap langkah tepat  dalam mendapatkan pejabat yang profesional dan kompeten di bidangnya, sehingga jauh dari kesan like and dislake dalam mendapatkan  pucuk pimpinan sebuah instansi. 

Namun demikian, politisi Golkar aal Glenmore ini juga berharap, Bupati selaku kepala daerah bisa segera mengusulkan lelang jabatan 6 SKPD lain yang saat ini masih diduduki oleh pejabat berstatus PLT, utamanya SKPD penghasil. Agar pelaksanaan kinerja SKPD tersebut bisa lebih maksimal, khususnya dalam meningkatkan pendapatan daerah.

“ Lelang jabatan itu bagus karena nanti orang yg terpilih itu betul-betul berkompeten di bidangnya, tapi paling tidak 7 SKPD itu di lelang semua, tapi itu hak bupati, tapi harapan kita ya di lelang semua”, kata Ruliyono

Sebagaimana diketahui, Pemkab Banyuwangi melakukan pengisian jabatan pimpinan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPP-KB), Selang sebulan setelah ditinggalkan M. Pua Jiwa yang pensiun per 1 Januari lalu. pemkab kini melelang jabatan pimpinan tinggi pratama yang kosong tersebut.

Informasi yang dihimpun VIS FM, lelang jabatan Kepala DPP-KB resmi dibuka sejak Rabu kemarin. Seleksi tersebut terbuka bagi seluruh pegawai negeri sipil (PNS) yang telah memenuhi syarat, baik PNS di lingkungan Pemkab Banyuwangi dan di lingkup pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota se-Jatim.

Sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi pelamar antara lain, memiliki pangkat/golongan ruang sekurang-kurangnya Pembina (IV/a). Pernah atau sedang menduduki jabatan administrator eselon III/a sekurang-kurangnya dua tahun atau eselon III/b sekurang-kurangnya tiga tahun. Selain itu, pelamar harus berpendidikan minimal sarjana (S-1) atau sederajat.

Para pendaftar bisa memasukkan berkas pendaftaran secara langsung ke Sekretariat Panitia Seleksi (Pansel) di kantor Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD), jalan Agus Salim, Banyuwangi hingga 20 Februari mendatang. Pengumuman hasil akhir seleksi dijadwalkan berlangsung pada 2 Maret. Selanjutnya, hasil akhir seleksi akan disampaikan kepada bupati selaku pembina kepegawaian pada 4 Maret mendatang.

Selain Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, ada 6 instansi yang masih dipimpin pejabat berstatus PLT, yakni dinas PU Cipta karya dan penataan ruang, Satpol PP, Badan pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa, dinas komunikasi informatika dan persandian, dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu serta RSUD Blambangan.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.