Jaring Anak Muda Cintai Pertanian, Banyuwangi Gelar ASC Periode 2

Pemerintahan
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Guna menjaring generasi muda untuk mencintai pertanian, Pemkab Banyuwangi kembali menggelar Banyuwangi Agribusiness Start-Up Competition (ASC) 2019 untuk yang kedua kalinya.

Ada 7 bentuk kegiatan dalam rangkaian Agribusiness Start-Up Competition ini, yakni sosialisasi, yang kini tengah berlangsung sejak tanggal 1 Maret hingga 25 Maret 2019 mendatang. Lalu di gelar workshop atau seminar, seleksi proposal, tinjau lapangan dan wawancara, presentasi peserta di depan dewan juri, penentuan pemenang dan pendampingan usaha agribisnis. Peserta di harapkan membuat proposal atau rencana atau ide ide agribisnis yang mudah dan bisa di terapkan.

Dengan di laksanakannya kegiatan ini, Pemkab Banyuwangi menginginkan generasi muda semakin tertarik dan peduli terhadap bidang sector pertanian yang harus di garap lebih maksimal untuk bisa meningkatkan produksi.

Pasalnya, dari data yang ada, sector pertanian masih identic dengan kaum orang tua yang mencapai 50 persen, sedangkan anak muda masih sebesar 10 persen ketertarikannya pada bidang pertanian.

Kasi Bina Usaha SDM dan Kelembagaan Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian Banyuwangi, Sudarmadi mengatakan, ASC ini terbagi dalam 2 kategori yakni Rintisan Usaha Argribisnis dimaksudkan sebagai kompetisi bagi pelaku rintisan agribisnis yang sudah berjalan minimal 1 tahun.

“Juga kategori Agribusiness Plan atau rencana usaha,” ungkap Sudarmadi.

“Pemilihan pemenang di ASC 2019 ini berbeda dengan tahun 2018 lalu,” imbuhnya.

Dimana, untuk di tahun 2019 ini di ambil 10 orang pemenang yang merupakan kolaborasi dari 2 kategori itu. Yakni juara 1 hingga 5 masing masing mendapatkan hadiah Rp 50 juta, Rp 30 juta, Rp 20 juta, Rp 15 juta dan Rp 10 juta. Sedangkan 5 pemenang lainnya masing masing mendapatkan Rp 5 juta. Sehingga total hadiah yang di persiapkan Pemkab Banyuwangi sejumlah Rp 150 juta.

“Sementara pemenang di tahun 2018 lalu hanya di ambil 2 juara, yakni 1 juara untuk kategori Rintisan Usaha Argribisnis dan 1 juara lainnya untuk kategori Agribusiness Plan atau rencana usaha dengan total hadiah Rp 100 juta,” papar Sudarmadi.

Dia menambahkan, ASC ini terbuka untuk umum baik berdomisili di Banyuwangi maupun luar daerah dengan kisaran usia 20 hingga 35 tahun.

“Ditahun 2018 lalu, maksimal usia pendaftar adalah 40 tahun dan hanya untuk lingkup Banyuwangi saja,” pungkas Sudarmadi.

Sementara itu, pendaftaran Agribusiness Start-Up Competition (ASC) 2019 ini dilaksanakan mulai 26 Maret hingga 5 April mendatang melalui online. Dan final akan di gelar pada 30 Juni 2019.

ASC ini sendiri masuk dalam salah satu rangkaian Banyuwangi Festival 2019.

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.