Jelang Lebaran, Dispertan Sidak Daging Sapi di Pasar Tradisional

Pemerintahan
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Guna memantau ketersediaan sekaligus kesehatan daging sapi dan ayam menjelang Hari Raya Idul Fitri, Dinas Pertanian Banyuwangi melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di pasar tradisional, Rabu dini hari (23/5/2019).

Seperti biasanya, kali ini yang menjadi sasaran adalah Pasar Blambangan yang merupakan salah satu pusat pergerakan penjualan daging Sapi.

Kepala Dinas Pertanian Banyuwangi, Arief Setiawan didampingi Kepala Bidang Budidaya dan Kelembagaan Ternak, Nanang Sugiharto memeriksa satu persatu kwalitas daging sapi yang di jual oleh para pedagang.

“Seluruhnya berkwalitas sangat bagus karena hewan sapinya di potong di Rumah Pemotongan Hewan atau RPH. Karena RPH sendiri menerapkan system Aman, Sehat, Utuh dan Halal (Asuh) terhadap setiap daging yang di potong, sehingga terjamin dan aman untuk di konsumsi masyarakat,” papar Arief.

Hal itu kata Arief, terlihat dari warna daging yang merah dan tidak ada air yang menetes.

Arief menjelaskan, kegiatan ini juga dijadikan acuan terhadap para pedagang agar tidak berjualan daging sapi dari luar daerah dengan harga yang lebih murah, karena belum bisa di pastikan kwalitasnya.

Sementara harga daging sapi di pasaran Banyuwangi berkisar antara Rp 115.000 hingga Rp 120.000 per kilogram. Arief mengaku, ketersediaan daging sapi di Banyuwangi dinilai sangat mencukupi.

“Untuk populasinya mencapai 119 ribu ekor. Tingkat konsumsi masyarakat sebanyak 4,6 ton yang di produksi di 6 RPH yang tersebar di sejumlah kecamatan,” pungkas Arief.

Sementara itu, salah satu pedagang, Agus mengaku, saat ini harga daging sapi yang di jualnya sebesar Rp 115 ribu perkilogram.

“Diprediksi ini akan terus merangkak naik jelang Hari Raya Idul Fitri mendatang. Bisa mencapai Rp 125 ribu hingga Rp 130 ribu perkilogram, karena harga hewan sapinya sendiri juga mengalami kenaikan,” papar Agus.

Dia mengatakan, selama Ramadan ini anemo pembelian masyarakat masih terpantau normal, belum ada peningkatan yang segnifikan.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS