Bangun Gedung Lapas Baru, Bupati Anas : Lokasinya Dipinggiran. Hawanya Sejuk

Pemerintahan
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Pemerintah Daerah memberikan lampu hijau untuk segera dilakukan pembangunan gedung Lapas Banyuwangi yang baru, dengan menyiapkan lahan di area pinggiran kota.

Setelah melalui beberapa pertimbangan, akhirnya disepakati lokasinya berada di kawasan Kelurahan Pakis Kecamatan Banyuwangi. Tepatnya di area persawahan dengan suasana alam yang sejuk.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengakui bahwa penghuni Lapas Banyuwangi saat ini sudah over kapasitas.

“Saya sudah minta stakeholder terkait termasuk pihak Lapas, agar melakukan kajian mengenai lokasi yang dipilih untuk pembangunan gedung Lapas baru,” papar Bupati Anas.

“Saya harap keberadaan gedung Lapas ini tak ditengah kota seperti yang ada di Luar Negeri, tapi lebih ke kawasan pedesaan yang udaranya masih sejuk,” ujarnya.

Hingga akhirnya di pilih lokasi di Kelurahan Pakis tersebut.

Bupati Anas juga berharap hibah lahannya segera tuntas tahun ini agar APBN bisa masuk, untuk digunakan pembangunan Lapas baru demi kenyamanan para warga binaan.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIB Banyuwangi, Ketut Akbar Hery Achjar mengatakan, pihaknya sudah menggelar rapat dengan semua tim termasuk dari Dinas PU dan bagian Aset Pemkab Banyuwangi serta Dinas Lingkungan Hidup.

“Termasuk camat dan lurah setempat dari lokasi yang digunakan untuk pembangunan gedung Lapas baru itu,” tutur Akbar.

“Disepakati keberadaan gedung Lapas bisa dekat dengan rumah sakit dan kantor kepolisian demi keamanan. Selain itu juga factor air yang mencukupi,” imbuhnya.

Akbar menjelaskan, dari pantauan di beberapa titik progresnya dinilai cukup baik hingga akhirnya di putuskan di kawasan Kelurahan Pakis. Nantinya, di area lahan Lapas baru ini bisa dimanfaatkan untuk pertanian, perikanan juga peternakan.

“Pemkab meminta hibah lahan segera diterimakan pada kami untuk segera dilakukan pembangunan dengan menggunakan dana APBN,” pungkas Akbar.

Sementara itu, jumlah penghuni Lapas Banyuwangi saat ini sudah mencapai 1.058 orang dengan rincian tahanan sebanyak 416 orang dan narapidana 642 orang. Untuk warga binaan laki laki sebanyak 981 orang, wanita 62 orang dan anak anak 15 orang.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS