Urai Kemacetan di Ketapang, Bupati Anas Usulkan Trase Tol Probowangi Sampai ke Singojuruh

Pemerintahan
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Bupati Abdullah Azwar Anas mengusulkan kepada pemerintah pusat bahwa trase jalan tol Probolinggo-Banyuwangi tidak hanya berhenti di kawasan Pelabuhan Ketapang saja, namun di perpanjang hingga ke wilayah Kecamatan Singojuruh.

Dalam artian, nantinya akan ada 2 pintu tol. Yang pertama di area jalan lingkar ketapang Kecamatan Kalipuro dan yang kedua di kawasan Kecamatan Singojuruh.

“Ini untuk memecah kemacetan kendaraan bermotor yang melintas dari arah Pelabuhan Ketapang menuju ke Banyuwangi kota,” ungkap Bupati Anas.

“Sehingga dengan adanya pintu tol kedua, nantinya kemacetan bisa terurai khususnya mempermudah akses bagi kendaraan bermotor yang akan menuju ke Bandara Banyuwangi,” tuturnya.

Apalagi saat ini, kemacetan di kawasan pusat Kecamatan Rogojampi terus terjadi disetiap harinya. Menyusul banyaknya kendaraan yang akan menuju ke berbagai tempat wisata di wilayah Banyuwangi selatan.

Bupati Anas mengaku, jika pintu tol hanya terpusat di satu titik di area jalan lingkar Ketapang, maka bisa dibayangkan ke depan kemacetan kendaraan bermotor bisa terjadi mulai dari perempatan Sukowidi hingga ke area Pelabuhan Ketapang.

Tol Probowangi ini merupakan titik akhir dari jaringan tol Trans-Jawa dan menjadi tol terpanjang di Indonesia dengan panjang 171,90 kilometer, lebih panjang 56,15 kilometer dari jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang membentang 116,75 kilometer.

Selain terpanjang, dari sisi investasi pun, tol yang di kelola PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB) ini juga mencatat rekor baru yakni senilai Rp 23,391 trilyun. Sehingga dengan penambahan panjang tol ini, otomatis juga nilai investasinya bertambah.

“Saya berharap, pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bisa menyetujuinya guna mengurai kemacetan di wilayah Banyuwangi kota,” ujar Bupati Anas.

“Karena ini menyangkut soal tata ruang agar arus kendaraan bermotor tidak terjadi kepadatan,” pungkasnya.

Sementara itu, keberadaan trase Tol Probowangi ini menghubungkan 4 kabupaten yakni Probolinggo, Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi.

Posisinya yang berada di ujung timur pulau jawa menjadi sangat strategis sebagai gerbang distribusi logistic, barang, jasa dan manusia dari barat ke timur maupun sebaliknya.

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS