Kolaborasi Dengan LinkAja, Banyuwangi Dorong Cashless Society di Masyarkat

Pemerintahan
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Pemkab Banyuwangi berkolaborasi dengan LinkAja, aplikasi layanan keuangan digital bentukan BUMN yang merupakan uang elektronik nasional kebanggaan Indonesia berbasis server. Hal ini sebagai upaya dari pemerintah daerah di dalam terus mendorong terciptanya ekosistem cashless society di masyarakat.

Kolaborasi tersebut ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Direktur Operasi LinkAja Haryati Lawidjaya,.

Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan, kerjasama dengan LinkAja menjadi bentuk komitmen Banyuwangi untuk mendorong masyarakat menggunakan transaksi non tunai. Agar masyarakat siap dengan perkembangan dunia keuangan yang terus berkembang.

“Saat ini sudah banyak tempat yang kebijakan pembayarannya non tunai. Masyarakat harus terbiasa akan hal ini, karena itu sebagai sebuah keniscayaan di masa depan,” ujar Bupati Anas.

“Kerjasama ini juga memperbanyak pilihan bagi warga untuk memilih jenis pembayaran elektronik yang akan digunakan,” imbuhnya.

Bupati Anas berharap ini bisa mendorong inklusi keuangan di Banyuwangi, juga mendidik warga untuk melek keuangan. Ke depan, LinkAja akan diaplikasikan di UMKM daerah juga untuk pembayaran pajak dan retribusi, seperti retribusi pasar, transportasi, parkiran baik di tempat wisata maupun tempat-tempat umum. Juga akan diterapkan di perizinan tertentu seperti Ijin mendirikan bangunan (IMB).

“Kerjasama ini akan mendorong UMKM daerah untuk bertransaksi non tunai, yang pastinya akan lebih memudahkan dan transaksinya lebih cepat,” kata Bupati Anas.

“Nantinya juga akan digunakan pedagang pasar tradisional Banyuwangi. Sehingga membiasakan ibu-ibu untuk bertransaksi non tunai,” imbuhnya.

Sementara itu Direktur Operasi LinkAja Haryati Lawidjaya mengatakan, LinkAja tidak ingin melewatkan perkembangan dan kemajuan yang ada di Banyuwangi yang dinilainya sebagai salah satu dari 10 besar kabupaten dengan indeks pariwisata tertinggi.

“Bahkan beberapa waktu lalu di nobatkan menjadi satu kabupaten terbaik dalam bidang inovasi,” tutur Haryati. 

Menurutnya, kehadiran LinkAja dalam bentuk digitalisasi pembayaran pajak dan retribusi daerah di lingkungan kabupaten banyuwangi merupakan upaya pihaknya untuk turut meningkatkan akses, transparansi dan kemudahan transaksi di Banyuwangi.

Banyuwangi sendiri menjadi salah satu pilot project kerjasama LinkAja dengan pemerintah daerah. 

“Kami berharap, kerja sama strategis ini dapat menjadi awal komitmen LinkAja dalam melakukan digitalisasi di daerah dan kedepannya,” kata Haryati.

“LinkAja akan terus berkomitmen untuk melakukan pengembangan digitalisasi di berbagai daerah lain di Indonesia,” pungkasnya.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS