Pilkades Serentak di Banyuwangi, Ini Bentuk Dispensasi Pemkab Pada Karyawannya

Pemerintahan
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Pemkab Banyuwangi memberikan dispensasi waktu kepada para karyawan untuk bisa memberikan hak suara yang didaerahnya melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada Rabu, 9 Oktober 2019.

Dalam artian, mereka masuk kantor beberapa jam dan selanjutnya bisa mengajukan ijin untuk mengikuti Pilkades.

Sementara, Pilkades serentak di Banyuwangi di laksanakan di 1.015 TPS yang tersebar di 130 desa yang ada di 24 Kecamatan. Sedangkan 1 kecamatan yakni Banyuwangi kota tidak melaksanakan Pilkades karena seluruh wilayahnya adalah kelurahan.

Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widiatmoko mengatakan, pemerintah daerah tidak meliburkan para karyawan, namun hanya memberikan kesempatan kepada mereka untuk bisa mengikuti pemilihan kepala desa di masing masing daerahnya yang sedang melaksanakan kegiatan tersebut.

“Secara resmi, pemkab memberikan kelonggaran waktu agar mereka memberikan hak pilihnya karena hal itu sudah ada aturan yang harus di penuhi,” ujar Wabup Yusuf.

“Karena apabila mereka tidak melaksanakan hak suaranya sebagai warga negara, justru akan jadi masalah di kemudian hari,” ungkapnya.

Wabup Yusuf mengaku, jika ada karyawan pemkab yang sengaja mengajukan ijin untuk tidak masuk kerja di hari pelaksanaan Pilkades, pihaknya tidak perlu memberikan sangsi.

Sementara itu, Pemilihan Kepala Desa serentak di Banyuwangi ini dilaksanakan di 1.015 TPS yang ada di 130 desa di 24 Kecamatan. Dan untuk pengamanan kegiatan ini, diturunkan 3.493 personel yang terdiri 864 personel kepolisian, 200 personel TNI AD, 100 personel TNI AL dan 10 personel Subdenpom ditambah 2.030 personel linmas.

Selain itu, Polres Banyuwangi juga mendapat bantuan atau BKO dari satuan Brimob Polda Jawa Timur sebanyak 1 SSK atau setara 100 personel. Juga 10 personel regu penjinak Bom (Jibom), 34 personel polres Bondowoso, 52 personel Polres Situbondo dan 93 personel dari Polres Jember.

 

 

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS