DPRD Apresiasi Pelaksanaan Pilkades Serentak di Banyuwangi

Pemerintahan
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - DPRD Banyuwangi mengapresiasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, namun ada beberapa hal yang perlu di evaluasi.

Pilkades serentak di Banyuwangi di gelar Rabu (9/10/2019) di 1.015 TPS yang tersebar di 130 desa yang ada di 24 Kecamatan.

Saat memantau pelaksanaan Pilkades di Desa Karangbendo Kecamatan Rogojampi, Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto mengatakan, dirinya menilai pelaksanaan Pilkades serentak kali ini berjalan cukup bagus meskipun beberapa waktu lalu sempat terjadi protes dari sejumlah bakal calon kepala desa yang dinyatakan tidak lulus tes.

“Mereka sudah bisa menerima hasil tes itu. Terbukti, pelaksanaan Pilkades berjalan kondusif,” ungkap Michael.

“Saya harap, siapapun yang terpilih jadi Kepala Desa bisa membawa perubahan di masing masing daerahnya untuk menjadi lebih baik,” imbuh Ketua DPC Partai Demokrat tersebut.

Dia mengatakan, pada pemilihan kepala desa mendatang di harapkan persyaratan maupun kriteria pencalonan serta pemaparan hasil tes bisa lebih transparan agar tidak menimbulkan gejolak di kemudian hari, seperti yang terjadi pada Pilkades serentak tahun ini.

Senada dengan Michael, Ketua Komisi 3 DPRD Banyuwangi, Emy Wahyuni Sri Lestari mengapresiasi pelaksanaan Pilkades serentak tersebut.

“Ini adalah demokrasi paling kecil yang proses pemilihannya sama seperti Pemilihan Legislatif,” ujar Emy.

“Untuk itu, Legislastif perlu memonitoring selama pelaksanaan berlangsung serta memberikan support agar berjalan lancar,” tuturnya.

Emy mengatakan, pihaknya juga menyetujui adanya Pilkades serentak di masa yang akan datang. Namun dirinya meminta agar proses penjaringan mulai dari pendaftaran hingga tes di buat lebih transparan agar tidak terjadi gejolak diantara para bakal calon yang dinyatakan tidak lolos.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS