Ipuk Fiestiandani : Ketua Tim Penggerak PKK Tidak Harus Perempuan

Pemerintahan
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Ketua Tim Penggerak PKK ditingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa tidak harus dijabat seorang perempuan namun bisa juga laki laki, karena PKK adalah pemberdayaan masyarakat bukan organisasi wanita.

Ini bisa dijalankan, jika Bupati, Camat ataupun Kepala Desa dijabat oleh seorang perempuan.

Misalnya disatu desa ataupun kecamatan pemimpinnya adalah perempuan. Maka, suami dari Kepala Desa ataupun Camat tersebut bisa menjadi Ketua Tim Penggerak PKK. Demikian halnya dengan ditingkat Kabupaten.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani di hadapan 130 Kepala Desa terpilih di Pendopo Sabha Swagatha Blambangan.

“Peran PKK di tingkat desa sangat penting di dalam mensejahterahkan masyarakat setempat. Mereka diharapkan bisa terlibat langsung dalam kegiatan posyandu, PAUD maupun dasawisma,” papar istri Bupati Abdullah Azwar Anas tersebut.

Dan untuk melancarkan kegiatan kader PKK ini, setiap Kepala Desa harus mendukung seluruh program PKK tersebut.

“Karena PKK sudah mempunyai dasar anggaran yang masuk dalam Anggaran Dana Desa (ADD), sehingga setiap kegiatannya harus di dukung oleh Kepala Desa,” ujar Ipuk.

Untuk itulah kata Ipuk, kader PKK di desa harus terlibat aktif di Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) untuk mengetahui program program ke depan yang akan di jalankan. Dalam hal ini, PKK bermitra dengan pemerintah untuk menjalankan program prioritas, yakni Kesehatan dan Pendidikan.

“PKK bukan organisasi wanita, tapi PKK adalah pemberdayaan masyarakat yang ada di masyarakat,” tutur Ipuk.

“Sejak tahun 2015, hasil Rakernas PKK pusat menyebutkan bahwa tim penggerak PKK tidak harus perempuan. Bisa suami dari Kepala Desa atau suami dari Camat juga bisa suami dari Bupati bahkan suami dari Gubernur.

Itu jika para pemimpin di jabat seorang perempuan,” papar Ipuk.

Sehingga Ipuk mengaku sangat mengapresiasi jika para suami tersebut berkenan untuk menjadi Ketua Tim Penggerak PKK di wilayahnya.

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS