Dibebaskan, Lahan Eks Lokalisasi Padang Bulan Akan Dijadikan Liponsos

Satpol PP saat sidak lokalisasi padang bulan

Sosial
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Pemerintah Daerah akan menyulap bekas Lokalisasi Padang Bulan Kecamatan Singojuruh menjadi Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos), guna mengatasi berbagai permasalahan sosial yang ada di Banyuwangi.

Dalam artian, seluruh lahan di kawasan tersebut akan di bebaskan oleh Pemkab Banyuwangi untuk di bangun berbagai pondok yang difungsikan untuk penanganan social.

Nantinya, di area setempat akan ada gedung Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan sebagian lahan lagi di gunakan bangunan perluasan dari Gedung Graha Rehabilitasi Sosial Banyuwangi untuk menampung Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), yang kini jumlahnya terus bertambah.

Kepala Dinas Sosial Banyuwangi, Edy Supriyono mengatakan, pihaknya akan mengusulkan anggaran pembebasan lahan dan pembangunan gedung pada APBD di tahun 2019 mendatang.

“Karena di harapkan, bekas lokalisasi Padang Bulan itu benar benar bersih dari para PSK yang kabarnya saat ini masih beroperasi meskipun sudah di tutup oleh pemerintah daerah dan kepolisian beberapa waktu lalu,” papar Edy.

“Kami sudah mendatangi masyarakat setempat untuk memaparkan tentang rencana pembangunan Lingkungan Pondok Sosial itu,” imbuhnya.

Dan masyarakat meminta semua lahan beserta rumah rumah yang ada untuk di beli, dengan anggaran mencapai Rp 19 Miliar.

Edy mengaku telah melaporkan permintaan masyarakat ini ke Bagian Pemerintahan Setda Banyuwangi selaku pihak pengelola pengadaan anggaran.

“Pengajuan ini diterima dan akan di lakukan pembahasan lebih detail dan lebih rinci di tahun 2019 mendatang,” ungkap Edy.

Lebih lanjut Edy mengatakan, pihaknya menargetkan realisasi sebagian lahan bisa di lakukan di awal 2019 dengan terlebih dahulu melakukan pendekatan dengan para warga, sembari menghilangkan para PSK dari kawasan setempat untuk kembali ke kampung halamannya.

 

 

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.