Pelaku Pembakaran Gudang Milik Bacakades Kaotan di Ringkus Polisi

Hukum
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Kepolisian berhasil meringkus pelaku pembakaran gudang rongsokan milik salah satu Bakal Calon Kepala Desa Kaotan Kecamatan Blimbingsari.

Peristiwa yang menghanguskan seluruh isi gudang milik Moh Hairi di Dusun Krajan Desa Kaotan tersebut terjadi pada Minggu dini hari (7/7/2019) lalu. Diantaranya kardus, plastic serta karung karung. Seluruhnya siap untuk di kirim ke berbagai perusahaan pengolah barang rongsokan, yang ada di luar kota.

Kapolsek Rogojampi Banyuwangi Kompol Agung Setyo Budi mengatakan, setelah dilakukan olah TKP dan pengembangan penyidikan, akhirnya terungkap bahwa kebakaran ini terjadi akibat sengaja di bakar oleh pelaku.

“Rupanya, pelaku pembakaran adalah adik dari korban berinisial SG (30), yang bertempat tinggal satu kampung,” ujar Kapolsek.

“Saat melakukan pembakaran, pelaku dalam kondisi mabuk dan pengaruh obat,” imbuhnya.

Sementara, pihak kepolisian masih terus melakukan pengembangan penyidikan mengenai motif dari aksi pembakaran yang di lakukan oleh pelaku tersebut.

Kapolsek mengaku, setelah melakukan pembakaran, pelaku sempat hendak kabur keluar kota dengan menumpang bus. Namun aparat kepolisian langsung melakukan pengejaran hingga berhasil menangkap pelaku di kawasan Banyuwangi selatan.

“Untuk sementara, pelaku mengaku membakar gudang kakaknya tersebut seorang diri hingga menyebabkan kerugian mencapai Rp 200 juta,” ungkap Kapolsek.

“Stas semua perbuatannya, pelaku dijerat pasal 187 KUHP tentang pembakaran dan pasal 335 tentang ancaman dengan kekerasan menggunakan senjata tajam, dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara,” paparnya.

Sebelumnya, saat terjadi kebakaran api cepat membesar karena sebagian besar isi di dalamnya terbuat dari kertas dan plastic. Dan api baru bisa di padamkan setelah 2 unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi dengan di bantu masyarakat setempat untuk memadamkan api, selama lebih dari 2 jam.

Selain itu, ada 2 unit sepeda motor dan 1 truck ikut terbakar karena saat kejadian berada di dalam gudang.

Sementara, pemadaman ini di lakukan fokus di area terdampak saja agar tidak merembet ke berbagai lokasi rumah penduduk yang berhimpitan dengan gudang.

“Sisa dari ketiga unit kendaraan tersebut diamankan kepolisian sebagai barang bukti,” pungkas Kapolsek.

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS