Polisi di Banyuwangi Bekuk 6 Pelaku Ilegalloging, 9 Pelaku DPO

Hukum
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Sebanyak 6 dari 15 orang pelaku pencurian kayu di kawasan hutan produksi milik perhutani di Banyuwangi berhasil ditangkap kepolisian, beserta diamankan barang bukti puluhan batang kayu jati dengan total transaksi mencapai puluhan juta rupiah.

Mereka mengaku mencuri kayu di beberapa TKP. Seperti di kawasaan hutan milik perhutani petak 72G RPH karetan BKPH Karetan masuk Desa Karetan Kecamatan Purwoharjo. Disini kepolisian menangkap tersangka Danarto (47) warga Desa Temurejo Kecamatan Bangorejo dengan barang bukti 4 batang kayu jati bentuk glondong, 1 unit kendaraan angkut jenis grandong, 1 unit gerobak kayu untuk mengangkut kayu serta 4 unit sepeda dayung.

Sementara, untuk pencurian di hutan milik perhutani petak 54B RPH Senepo utara BKPH Pesanggaran Dusun Seneposari Desa Barurejo Kecamatan Siliragung diamankan tersangka Miseno (50) warga Desa Sumbermulyo Kecamatan Pesanggaran dan Boiman (46) warga Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran, dengan disita barang bukti 26 batang kayu jati bentuk glondongan, 1 unit kendaraan angkut jenis grandong dan 1 buah gergaji mesin.

Kasus ilegalloging ini juga terjadi di kawasan hutan milik perhutani petak 16B RPH Pecemengan BKPH Pedotan Dusun Pecemengan Desa Buluagung Kecamatan Siliragung, dengan diamankan tersangka Saenal (26) warga Desa Buluagung Kecamatan Siliragung beserta barang bukti 3 batang kayu jati bentuk gelondong, 1 unit sepeda motor dan 1 buah pecok.

Selanjutnya, kepolisian juga menangkap 2 tersangka lainnya yakni Imam Mukhlas (30) dan Bagus Febri (34) keduanya warga Desa grajagan Kecamatan Purwoharjo. Mereka melakukan pencurian kayu di kawasan jalan umum Dusun Krajan Desa Pesanggaran Kecamatan Pesanggaran, yang masuk dalam kawasan milik perhutani.
Disini, kepolisian menyita 1 unit truck warna kuning bernopol DK 9349 EQ, 1 unit ponsel dan 10 batang kayu jati glondong dengan rincian 7 batang masing masing berukuran 400 cm x 22 mm dan 3 batang ukuran 350 cm x 22 mm.

Dalam keterangan persnya, Senin (06/01/2020), Kapolresta Banyuwangi, Kombes Arman Asmara Syarifuddin mengatakan, pihaknya berhasil mengungkap 4 kasus ilegalloging dengan menangkap 6 dari 15 pelaku, sedangkan 9 orang lainnya dalam pengejaran dan menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO).

“Dari pengungkapan kasus ini kepolisian mengamankan total 43 batang kayu jati bentuk glondongan beserta sejumlah barang bukti lainnya yang digunakan sebagai sarana angkut,” ujar Kapolresta.

Dari pengakuan tersangka, satu batang kayu jati tersebut di jualnya seharga Rp 400.000 kepada seorang pengepulnya. Sehingga total kerugian negara dari aksi para tersangka itu mencapai Rp 88 juta.

“Pencurian kayu ini dilakukan tersangka selama rentan pertengahan Desember hingga akhir Desember 2019. Setelah dilakukan pengembangan penyidikan, kepolisian berhasil mengungkap kasus ini sekaligus menangkap para pelakunya di awal Januari 2020,” papar Kombes Arman.

Sementara itu, di hadapan penyidik, para tersangka mengakui semua perbuatannya yang dinilai mereka telah melanggar hukum.

Kini, ke 6 tersangka beserta seluruh barang bukti hasil kejahatannya diamankan di Mapolresta Banyuwangi guna penyidikan lebih lanjut.

Dan atas semua perbuatannya, para tersangka di jerat pasal 83 ayat 1 jonto pasal 12 UU nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan, dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara.

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS