Sambut Delegasi IMF World Bank, Pengamanan Ijen dan Alas Purwo di Perketat

Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Luki Hermawan dan Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman tinjau KRI Nala, Rabu (10/10)

Hukum
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Selama pelaksanaan kegiatan pertemuan Tahunan Dana Moneter (IMF) Bank Dunia, pengamanan di Taman Nasional Alas Purwo dan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen Banyuwangi di perketat karena merupakan 2 destinasi yang di tawarkan kepada para delegasi untuk di kunjungi.

Kedua destinasi wisata tersebut memang telah di persiapkan oleh Pemerintah Pusat untuk bisa di kunjungi oleh para delegasi setelah pelaksanaan IMF selesai, mengingat Banyuwangi menjadi daerah penyangga dari kegiatan tersebut.

Pemerintah pusat sendiri telah menuntaskan perbaikan akses ke Kawah Ijen yang memiliki fenomena api biru (blue flame) mendunia, serta akses ke Taman Nasional Alas Purwo yang memiliki Pantai Plengkung (G-Land) dengan ombak selancar terbaik dunia dan Sabana Sadengan sebagai habitat banteng.

Dana sekitar Rp50 miliar telah dialokasikan untuk perbaikan itu.

Dan untuk mengetahui kondisi terkini infrastruktur di kedua destinasi wisata tersebut, Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman mengecek langsung ke lokasi.

“Infrastruktur jalannya sudah bagus serta pemandangannya juga dinilai sangat indah untuk bisa di nikmati para delegasi,” kata Pangdam.

Dia mengaku, aparat TNI dan Polri telah di persiapkan untuk memperketat pengamanan di kedua destinasi wisata alam tersebut termasuk di sepanjang jalur yang akan di lewati oleh para wisatawan.

“Di mungkinkan, mereka akan berwisata ke Banyuwangi setelah kegiatan IMF selesai pada 14 Oktober mendatang,” tutur Pangdam.

“Saya sempat ikut serta memadamkan api yang membakar di lahan konservasi TWA Kawah Ijen seluas 50 hektar,” imbuhnya.

Hampir seluruh tanaman yang terbakar adalah jenis rerumputan, ilalang dan pohon permudaan cemara.

Kebetulan, peristiwa ini terjadi saat Mayjen TNI Arif Rahman sedang melakukan peninjauan infrastruktur hingga ke puncak Kawah Ijen.

Setelah meninjau dua lokasi destinasi wisata tersebut, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman bersama Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan memimpin apel pasukan di Mapolres Banyuwangi.

Yang di lanjutkan dengan peninjauan di Mal Pelayanan Publik serta memeriksa kesiapan KRI Nala di dermaga Pangkalan TNI AL yang di gunakan untuk mengamankan perairan Bali dan Banyuwangi.

Selanjutnya, kedua jenderal tersebut meninjau pos pengamanan serta kesiapan sarana prasarana di Pelabuhan Ketapang.

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.