TNI Polri Siap Amankan IMF World Bank 2018

Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Luki Hermawan dan Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman bersama Kapolres Banyuwangi dan Danlanal Banyuwangi

Hukum
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Aparat TNI dan Polri di Banyuwangi siap mengamankan pelaksanaan pertemuan tahunan Dana Moneter International (IMF) Bank Dunia, sekaligus kesiapan berbagai sarana prasarana pelabuhan termasuk penyiagaan kapal perang (KRI).

Dan untuk memastikan berbagai persiapan tersebut, Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Luki Hermawan dan Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman mengecek langsung pos pelayanan di Mapolres Banyuwangi dan di Pelabuhan Ketapang, Rabu (10/10).

Bahkan, kedua jenderal tersebut juga memeriksa kondisi KRI Nala yang tengah bersandar di dermaga Pangkalan TNI AL Banyuwangi, untuk melakukan bekal ulang dengan menambah logistic, bahan bakar, serta air tawar.

KRI Nala merupakan satu dari 10 KRI yang disiagakan Armada 2 Surabaya untuk menjaga keamanan di perairan Bali dan Banyuwangi selama pelaksanaan IMF World Bank di Nusa Dua Bali.

Ke 10 KRI tersebut adalah KRI Pulo Rupat, Nala, Badeg, Terapang, Raden Edi Martadinata, Tarakan, Abdul Halim Perdana Kusuma, Ngurah Rai, Ajag dan KRI Banda Aceh.

Sementara, saat mengecek KRI Nala tersebut baik Kapolda Jatim maupun Pangdam V Brawijaya berkomunikasi langsung dengan para awak kapal mengenai kelengkapan yang ada, juga mengenai kemungkinan adanya kendala saat melakukan pengawasan di laut.

“Dalam hal ini baik TNI maupun Polri telah siap mengamankan kegiatan IMF World Bank dengan mengerahkan seluruh personel di lapangan,” ujar Kapolda.

“Dari keterangan ASDP juga menyampaikan pemeriksaan para penumpang dan barang yang akan menyeberang ke Bali maupun sebaliknya juga di perketat dan sudah melalui prosedur yang ada,” papar Kapolda yang baru memimpin Jawa Timur pada September lalu tersebut.

Dia menjelaskan, Banyuwangi merupakan daerah penyangga dari kegiatan IMF tersebut sehingga di perlukan pengamanan cukup ketat. Selain itu, juga sebagai pintu keluar masuk ke Bali melalui laut dan udara.

Sementara itu, Pangdam V Brawijaya mengaku, setelah IMF berlangsung di mungkinkan ada sejumlah delegasi yang akan berwisata di Banyuwangi sehingga perlu kesiapan seluruh sarana prasarana termasuk jalan.

“Dda 2 destinasi wisata di Banyuwangi yang telah di persiapkan untuk menjadi jujugan para delegasi yakni Taman Nasional Alas Purwo dan Taman Wisata Alam Kawah Ijen,” papar Pangdam.

Mayjen TNI Arif Rahman mengaku telah meninjau kedua destinasi wisata tersebut yang di nilai infrastrukturnya sudah bagus dan layak untuk di kunjungi delegasi IMF dan wisatawan manca negara.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.