Polisi Turunkan Tim IT Telusuri Penyebar Isu Hoax Penculikan Anak

Kapolsek Rogojampi Kompol Suhariyono Menggelar Realese Penangkapan Pelaku Pencurian, Rabu (31/10)

Hukum
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Kepolisian Polres Banyuwangi menelusuri penyebar isu Hoax tentang penculikan anak yang berkembang di masyarakat, hingga menyebabkan warga di Desa Patoman Kecamatan Rogojampi beramai ramai membakar sepeda motor pelaku pencurian.

Hal ini di sampaikan Kapolsek Rogojampi Banyuwangi, Kompol Suhariyono menanggapi adanya aksi main hakim sendiri yang di lakukan masyarakat Desa Patoman tersebut.

“Kami bekerja sama dengan jajaran Reskrim Polres Banyuwangi untuk mengungkap pelaku yang pertama kali menyebarkan isu hoax tentang penculikan anak di wilayah Desa Patoman,” papar Kapolsek.

Pasalnya, pasca di tangkapnya Rahmawati (45) warga Situbondo setelah kepergok mencuri di rumah Lutfiyah (32) Dusun Patoman Timur RT 04 RW 02 Desa Patoman Kecamatan Blimbingsari Banyuwangi, tiba tiba muncul isu dia adalah pelaku penculikan anak.

Mendapati hal ini, puluhan warga setempat emosi dan membakar sepeda motor Vega R nopol P 2670 R yang di kendarai pelaku saat melakukan aksinya.

“Peristiwa ini terjadi di area kantor Desa Patoman, beberapa saat setelah pelaku di gelandang oleh masyarakat untuk di mintai keterangan,” ujar Kapolsek.

Kompol Suhariyono menjelaskan, dalam penelusuran penyebaran hoax penculikan anak ini, kepolisian menurunkan tim IT khusus untuk melacak media social yang pertama kali menghembuskan isu penculikan anak. Karena menurutnya, hingga saat ini di wilayah Kecamatan Rogojampi dan Blimbingsari khususnya Desa Patoman, tidak pernah ada kasus penculikan anak seperti opini yang terbentuk di masyarakat.

“Saya segera turun langsung ke lapangan bersama anggota kepolisian lainnya untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan isu penculikan anak itu,” papar Kapolsek.

“Juga kami harap masyarakat tidak main hakim sendiri di saat mendapati adanya kasus kriminalitas di sekitar mereka,” pungkasnya.

Upaya kepolisian ini bukan tanpa alasan, karena masyarakat Desa Patoman Kecamatan Rogojampi telah membakar sepeda motor pelaku pencurian dalam rumah yang di sebut sebut akan melakukan penculikan anak.

Sementara anak si pemilik rumah sendiri tidak berada di tempat saat kejadian dan pelaku sempat mengambil beberapa barang berharga milik korban.

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.