Isu Penculikan Anak, Motor Pelaku Pencurian di Patoman Dibakar Massa

Pelaku Pencurian dihadirkan dalam Realese, Rabu (31/10)

Hukum
Typography

radiovisfm.com, Banyuwangi - Kepolisian Polsek Rogojampi Banyuwangi mengamankan seorang perempuan pelaku percobaan pencurian di dalam rumah, yang sebelumnya tersebar isu adanya penculikan anak di daerah setempat hingga sepeda motor pelaku di bakar massa.

Pelaku yang di ketahui bernama Rahmawati (45) tersebut masuk ke dalam rumah keluarga Mustakim (32) dan Lutfiyah (32) di kawasan Dusun Patoman Timur RT 04 RW 02 Desa Patoman Kecamatan Blimbingsari Banyuwangi, Rabu (31/10).

Aksi pelaku ini kepergok langsung oleh Lutfiyah lalu berteriak maling, hingga puluhan warga semburat keluar rumah untuk menangkap pelaku. Selanjutnya, di gelandang ke Kantor Desa Patoman guna di mintai keterangan kepala desa dan warga.

Disinilah, tiba tiba muncul isu penculikan anak yang menyebabkan puluhan warga mengamuk dan membakar sepeda motor Vega R nopol P 2670 R yang di kendarai pelaku saat melakukan aksinya. Usai diintrograsi, warga membawa pelaku ke Mapolsek Rogojampi guna penanganan hukum lebih lanjut.

Kapolsek Rogojampi Kompol Suhariyono mengatakan, dari pengakuan pelaku, dia tidak sengaja melakukan pencurian tersebut. Sebelumnya, pelaku duduk di depan rumah korban karena diyakini itu adalah rumah seseorang yang di kenalnya, karena dia akan meminjam uang.

“Karena lama tidak ada si pemilik rumah, tiba tiba pelaku mempunyai pemikiran untuk masuk dan melakukan pencurian,” ujar Kapolsek.

Namun naas kata Kapolsek, saat pelaku membuka pintu samping rumah tiba tiba korban datang dan melihat hal itu hingga berteriak maling.

“Kepada petugas, pelaku mengaku selama ini tinggal di rumah anaknya di kawasan Kelurahan Singotrunan Kecamatan Banyuwangi kota. Sementara pada KTP nya, dia tercatat sebagai warga Dusun Panji RT 01 RW 01 Desa Dawuhan Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo,” papar Kapolsek.

Dia menambahkan, dari tangan pelaku di amankan barang bukti tas merah berisi satu buah senjata tajam, uang palsu dan ponsel serta beberapa perhiasan emas.

“Saya tegaskan, ini murni kasus pencurian bukan penculikan anak dan itu di perkuat dengan keterangan pelaku kepada kepolisian,” kata Kapolsek.

Sementara, korban sendiri memiliki 1 anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar dan saat kejadian tidak berada di rumah, namun ada di rumah bibinya.

“Kami akan usut tuntas kasus ini untuk mengungkap pelaku yang pertama kali menyebarkan isu penculikan anak, yang menyebabkan masyarakat setempat resah hingga mereka beramai ramai membakar sepeda motor pelaku,” pungkas Kapolsek.

Sementara itu, pelaku mengaku terpaksa melakukan pencurian tersebut karena butuh uang untuk biaya operasi tumor. Pasalnya, pelaku mempunyai tumor di paha kiri dan kabar yang di terimanya untuk biaya operasi membutuhkan dana sebesar Rp 3 juta.

Saat itu, pelaku mencari rumah seseorang yang dikenalnya yang di akui bernama Riska beralamatkan di Desa Patoman untuk meminjam uang.

“Saya yakini itu rumah orang yang saya cari,” ungkap pelaku.

Setelah menunggu cukup lama, tiba tiba muncul niatan pelaku untuk melakukan pencurian karena terbentur dengan biaya operasi tersebut.

“Saya hanya mencuri, bukan untuk menculik anak,” kata pelaku.

Di hadapan sejumlah media, korban Lutfiyah mengatakan, saat pulang dia kaget melihat pelaku yang tergesa gesa keluar dari dalam rumahnya.

“Saya kejar sampai ke jalan raya, terus saya tarik bajunya karena dia mau kabur pake sepeda motor,” papar Lutfiyah.

“Saya juga ambil kunci kontak motornya supaya gak kabur,” imbuhnya.

Korban mengaku tidak ada barang yang hilang. Hanya, pelaku sempat mencuri dompetnya yang berisi perhiasan emas dan sempat di buang.

“Pelaku juga mengacak acak 3 kamar saya sampai berantakan,” tutur korban.

Kini, pelaku beserta sejumlah barang miliknya di amankan di Mapolsek Rogojampi guna pengembangan penyidikan. Dan atas semua perbuatannya, tersangka di jerat pasal 363 KUHP tentang pencurian, dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara.

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.